in

Tidak Lulus SBMPTN? Coba 5 Alternatif ini

Hai gengs! Pengumuman SBMPTN sudah terlewati, bagaimana hasilnya? Kalau kamu sudah berhasi masuk ke Perguruan Tinggi incaranmu, tim ngampus ucapkan selamat yaa… Tetapi, buat yang belum masuk, jangan menyerah! Tetap semangat gengs karena sebenarnya masih ada alternatif lain yang bisa kamu tempuh selain sbmptn. Seperti kata pepatah kan, ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara meyakinkan calon mertua, dan ada banyak jalan menuju universitas idola. Haha. Jadi jangan pernah menyerah gengs! SBMPTN memang tidak mudah dan memang persaingan sangat ketat, ya gimana, dari delapan ratusan ribu pendaftar se-Indonesia, hanya sekitar seratusan ribu yang dapat tertampung di Perguruan Tinggi Negeri. Teruntuk kamu yang belum berhasi tembus SBMPTN, jangan menyerah! Ngampus akan bahas beberapa alternatif yang bisa kamu tempuh setelah sbmptn. Check it out…

1. Jalur Mandiri atau Seleksi Mandiri

Tidak tembus atau lulus di sbmptn bukan akhir segala-nya gengs karena ada jalan lain supaya kamu bisa masuk kampus idamanmu. Yap! Kamu bisa coba jalur mandiri. Nah, untuk jalur mandiri sendiri, ketentuan di setiap universitas berbeda ya gengs! Sebagai contoh, Universitas X melaksanakan jalur mandiri sebelum pengumuman SBMPTN, yang artinya di universitas tersebut tidak memakai nilai SBMPTN. Namun di Universitas Y melaksanakan jalur mandiri setelah SBMPTN, dan ada ketentuan menggunakan nilai SBMPTN yang berarti kamu tidak perlu repot-repot lagi mengerjakan soal. Tapi konsekuensinya kamu ngga tau dong nilai SBMPTN-mu cukup atau tidak untuk bisa diterima di jurusan idaman-mu. Dan satu lagi gengs, jadi semisal kamu diterima lewat jalur mandiri ini, kamu nantinya akan diminta untuk membayar uang pangkal juga. Jika yang SBMPTN hanya perlu membayar UKT, kamu nantinya akan membayar UKT+Uang pangkal yang konon nilainya cukup ehm… mahal. Terlepas dari hal itu, jika kamu dan kedua orang tua tidak merasa keberatan, tidak ada salahnya kamu coba jalur mandiri ini ya gengs! Tidak ada salahnya kan berusaha. Pokoknya, sedih tidak lolos di sbmptn boleh, tapi menyerah jangan ya gengs!

2. Coba mendaftar di Universitas Swasta

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Hey Fresh Graduate, Tolak Tawaran Kerja Seperti Ini

To be honest gengs, mau swasta atau negeri sebetulnya sama saja. Perbedaannya mungkin terletak pada biayanya yang ya…sedikit lebih mahal gengs. Esensinya adalah kita mencari ilmu dan gelar kan? Banyak kok PTS yang terkenal dan bagus. Ada lho yang langsung memilih untuk melanjutkan studi di PTS, bukanya PTN karena memang jurusan tertentu di Perguruan Tinggi Swasta itu punya akreditasi yang bagus dan banyak jadi incaran. Nah kamu bisa juga coba mendaftar PTS gengs! Sah-sah aja dan tidak ada salah-nya mendaftar PTS karena banyak juga PTS yang mutu pendidikannya tidak kalah dengan PTN, atau malah lebih bagus daripada PTN. Contohnya, ada Universitas Dian Nuswantoro di Semarang, atau Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta, dan masih banyak lagi PTS berkualitas yang sudah terkenal akan mutu pendidikannya.

3. Kerja dulu ah

Untuk kamu yang pengen cari pengalaman baru setelah lulus kuliah, kamu bisa cari pekerjaan sambil mengisi gap year-mu. Selain untuk sedikit-sedikit nabung untuk membantu orangtua nantinya, kamu juga bisa menambah relasi dan pengalaman lho! Banyak kok yang memilih bekerja dulu satu tahun baru melanjutkan studi dan mencoba sbmptn lagi di tahun berikutnya! Kamu akan merasakan bagaimana enaknya punya uang sendiri, sambil belajar lagi mempersiapkan SBMPTN tahun depan. Tapi ingat, jangan sampai keasyikan bekerja dan punya uang membuatmu lupa untuk mempersiapkan SBMPTN. Tetap jadikan belajar sebagai prioritas utamamu ya gengs!

4. Gap Year

Gap year a.k.a rehat, atau berhenti atau cuti kuliah. Atau dengan kata lain “nganggur” ya gengs! Iya, sah-sah aja kok kalau kamu mau ambil gap year dulu selama setahun untuk menunggu SBMPTN. Tapi geeengs, “nganggur” di sini bukan berarti menjadi kamu jadi pengangguran hura-hura yang isinya makan-tidur-makan-tidur, jalan-jalan buang duit, main sampai lupa kalau kamu harus belajar menghadapi SBMPTN tahun berikutnya lho. Kamu sah-sah aja pengen istirahat satu tahun, tapi, pastikan tujuanmu jelas yaa. Jangan sampai sudah santai-santai di awal, pas waktunya sbmptn tahun depan kamu gagal. Kamu yang memutuskan untuk rehat harus bersungguh-sungguh mempersiapkan unutk sbmptn tahun depan gengs! Jika kamu merasa kesulitan untuk belajar sendiri, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar intensif SBMPTN agar belajarmu jadi lebih terfokus dan terjadwal. Atau kalau kamu lebih memilih hemat dan tidak mau buang-buang uang dengan mengikuti bimbel, kamu bisa kok belajar sendiri untuk SBMPTN. Tapi ingat, tetapkan prioritas dan buat jadwal belajar ya!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Dilema SKTM dan Sistem Zonasi

5. Coba daftar jurusan yang tidak begitu banyak peminatnya dan tidak terlalu tinggi biayanya

Jika kamu berniat untuk mengikuti sbmptn lagi tahun depan, dan kamu tidak mau “terlihat” nganggur dirumah, atau gengsi belum kuliah, kamu bisa coba daftar jurusan yang sepi peminat tapi dengan catatan, biaya masuknya tidak terlalu tinggi juga. Kenapa? Jika kamu berniat untuk bertahan satu tahun saja disitu sambil menunggu sbmptn selanjutnya, poin pertama adalah “yang penting bisa masuk dulu”, dan yang kedua adalah “biaya yang dikeluarkan jangan sampai terlalu besar” mengingat niat awalmu yang hanya satu tahun disitu sampai seleksi sbmptn selanjutnya. Tapi jika dalam prosesnya kamu malah nyaman dan kerasan lalu pengen melanjutkan di perguruan tinggi tersebut ya malah kebetulan kan, kamu jadi tidak perlu ikut sbmptn lagi. Haha.

Nah gengs, gimana, udah ada sedikit pencerahan kah? Jadi tidak lulus sbmptn bukan akhir segalanya ya gengs! Kamu boleh sedih, nangis, dan menyesal, tapi tidak boleh menyerah kaerna masih ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh. Dan satu lagi gengs, jika kamu sudah merasa sangat maksimal dalam mempersiapkan sbmptn kemarin, tetapi kok hasilnya gagal, mungkin faktor takdir Tuhan berpengaruh disitu. Jangan menyerah, tetap berpasrah, berdoa dan berusaha. Semoga bermanfaat ya gengs! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Laptopmu Sering Mati Sendiri? Lakukan Cara ini

Mahasiswa, Bawa Serta Selalu Barang-barang Ini