in

Tips Bangun Pagi Buat Kamu Mahasiswa Telatan

Bangun pagi merupakan hal yang taboo bagi sebagian mahasiswa team anti kuliah jam 7. Betul tidak? Haha. Yap! Selain harus melawan rasa kantuk yang begitu kuat dan membuka mata, bayangan kasur yang empuk dan hangat juga kadang terasa lebih menggoda. Emang sih, perjuangan untuk bangun pagi tidaklah mudah. Belum lagi saat membayangkan sederet perkuliahan yang harus kamu lalui hari itu, hmmm... Bangun pagi terkadang begitu sulit dilakukan apalagi untuk kamu yang terbiasa begadang atau tidur dini hari di liburan ini. Kebiasaan begadang dari liburan yang biasanya terbawa sampai masuk kuliah inilah yang seringkali membuatmu terlambat datang di kelas pagi. Dosen yang disiplin tentu tidak akan membiarkanmu masuk kelas dengan tenang jika kamu terlambat masuk. Kebayang kan dengerin nasehat dosen sambil ngantuk-ngantuk. Udah ngantuk, masih kena marah, rusak lah mood seharian. Naah… ngga mau kan? Demi bangun pagi yang hakiki, berikut ngampus kasih beberapa tips biar kamu bisa bangun pagi dengan lebih bahagia. Haha. Check it out…

1. Say NO to tidur siang

Buat kamu yang berniat memperbaiki pola tidur, cobalah beraktivitas di siang hari. Selain membuat waktumu lebih berfaedah, dengan beraktivitas di siang hari juga bisa membakar kalori hingga akhirnya kamu akan mulai lowbat di malam hari-nya lalu akhirnya akan memilih untuk tidur cepat. Jika kamu memilih untuk tidur di siang hari, kamu akan punya cukup banyak tenaga setelah di recharge dan hal itu yang akan membuatmu tetap ON sampai malam. Kalau sudah begitu, kamu akan punya alasan untuk begadang dan akhirnya gagal bangun pagi keesokan harinya. Hmmm…

2. Tidak makan terlalu banyak sebelum tidur

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MABA WAJIB BACA: Kamus Istilah dalam Perkuliahan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang berlebihan memang tidak ada yang baik ya gengs! Hal ini juga berlaku dengan makanan yang kita konsumsi. Apalagi langsung tidur setelah makan malam, itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Selain menimbulkan efek negatif untuk tubuh kita, ternyata memang ada beberapa makanan dan minuman yang memicu kerja sistem pencernaan kita supaya bekerja lebih keras bahkan saat kita tertidur lho gengs! Hal inilah yang mengakibatkan tidurmu tidak nyenyak atau bahkan memicu insomnia. Jika tidur dalam keadaan terlalu kenyang setelah makan tadi kurang baik, tidur dalam kondisi lapar juga tidak di anjurkan ya gengs! Jadi cara terbaik untuk mensiasatinya adalah dengan tidak makan terlalu berat saat kamu hendak tidur. Karena esensinya kita tidur untuk beristirahat, begitu pun dengan pencernaan kita. Buat kamu yang mau bangun pagi, coba tips satu ini yaa!

3. Ganti nada alarm di hape-mu dengan nada panggilan

Yang satu ini bisa terbilang ampuh nih gengs! Buat kamu yang susah bangun pagi, kamu bisa mengganti nada alarm di handphone-mu dengan nada yang sama yang dipakai sebagai nada panggilan. Telinga kita biasanya lebih responsif dengan nada panggilan kan? Haha… Jadi waktu kamu mendengar nada dering itu, mau tidak mau kamu akan membuka mata untuk mengecek apakah ada panggilan masuk atau cuma alarm.

4. Letakkan alarm jauh dari jangkauan tangan-mu

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba demi bangun pagi yang hakiki adalah dengan men-set alarm sebelum tidur dan meletakkan-nya jauh dari jangkauan tangan-mu ya gengs! Tujuan-nya apa? Agar alarmmu dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Yap! Letakkan alarm jauh dari jangkauan tanganmu atau jauh dari tempat tidurmu. Jadi mau ngga mau kamu harus bangun, mencarinya, dan mematikannya saat alarm-nya berdering. Efektif kan? Dengan kamu beranjak dari tempat tidur, biasanya setelah itu kamu akan kehilangan minat untuk balik tidur lagi. Hal yang salah tapi sering dilakukan adalah dengan memasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidurmu. Hal itu akan percuma dan useless karena kamu akan dengan mudah mengambilnya, nge-snooze atau malah mematikannya kemudian balik tidur lagi. Percuma kan gengs.

5. Coba matikan lampu biar tidurmu lebih berkualitas

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  CEO HINGGA PEMAIN FILM ‘BUFFALO BOYS’ RAMAIKAN EGTC 2018 (DAY 3)

Supaya kamu bisa cepat tertidur malam harinya, selain makan yang cukup dan minum air putih yang cukup, jangan lupa untuk mematikan lampu dan TV ya, gengs! Buat kamu yang di kamar terdapat TV, jangan sampai cahaya TV membuatmu terganggu dan bangun tengah malam ya. Cahaya lampu juga mempengaruhi jam tubuh, lho. Ruangan yang gelap atau remang-remang akan memberikan rasa nyaman dan tenang yang bisa membuatmu lebih cepat tertidur. Selain itu, menurut penelitian, tidur dengan lampu padam bisa mencegah penyakit kanker lho gengs! Yap! Menurut Joan Robert, tubuh dapat menghasilkan hormon Melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon inilah yang nantinya dapat mencegah serta memerangi penyakit kanker. Kalau kamu masih belum terbiasa tidur dengan lampu padam, kamu bisa menggunakan penutup mata yaa. Dengan begitu kamu akan lebih cepat tertidur dan dapat bangun lebih awal keesokan harinya.

6. Usahakan untuk tidur 8 jam sehari

Buatlah jadwal tidur yang harus kamu patuhi setiap harinya. Satu-satunya cara agar bisa tidur teratur adalah dengan disiplin waktu tidur ya gengs! Sebisa mungkin, tetapkan jadwal tidur dan jadwal bangun yang harus kamu patuhi setiap harinya, misalnya dengan tidur paling telat pukul 21.00 dan bangun pukul 05.00. Hal ini sejalan dengan waktu tidur normal bagi orang dewasa yakni 7-8 jam per harinya. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, kamu akan terhindar dari lingkaran hitam mata panda nih gengs! Haha. Selain itu, tidur yang berkualitas juga akan membuat mood pagi hari-mu lebih terjaga.

7. Minum air putih sebelum tidur

Selain baik untuk tubuh, logikanya, jika kamu minum air putih sebelum tidur dapat membuatmu bangun lebih cepat karena kamu harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil di pagi harinya. Dengan begitu mau tidak mau kamu harus segera bangkit dari tempat tidur kan gengs? Haha.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Waspada! Ciri – ciri ini Menunjukkan Kamu Kecanduan Gadget

8. Sudahi minum minuman berkafein di siang hari

Buat kamu yang hobi ngopi dan mengalami masalah susah tidur di malam harinya, mungkin kamu bisa coba untuk menghentikan kebiasaan ngopi mu dulu. Secangkir kopi di pagi atau siang hari mungkin masih tidak akan berpengaruh dengan pola tidurmu, tapi jangan coba-coba minum kopi di sore atau malam hari ya gengs! Kandungan kafein yang bisa membuatmu ON terus akan menggagalkan niatmu untuk tidur cepat. Duh. Usahakan untuk berhenti mengkonsumsi minuman berkafein lepas jam makan siang supaya malamnya kamu bisa tidur lebih cepat. Okay?

Katanya, bangun tidur merupakan salah satu kunci penentu kesukesan lho, gengs! Jangan sampai bangun tidur kesiangan membuat harimu kacau, telat kuliah, dan jadwal berantakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya gengs! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Berbahagia Jadi Mahasiswa Jomblo

7 Menu Makanan Seharga Kurang dari Sepuluh Ribu