in

Tips Lancar Bimbingan Skripsi

Tips Lancar Bimbingan Skripsi

Dalam menyusun tugas akhir, kamu dituntut untuk gerak cepat dan tanggap dalam menghadapi dosen pembimbing. Ibarat keluarga, dosen pembimbing akan menjadi orangtuamu di kampus. Hal ini akan membuatmu sering berinteraksi dengan dosen pembimbing, dan jangan lupa, kelulusanmu juga bergantung pada dosen juga lho. Agar bimbingan skripsimu bisa berjalan aman dan lancar tanpa drama, kamu wajib tau tips-tips menghadapi dosen pembimbing. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam berinteraksi dengan dosen pembimbing mu. Check it out…

1. Kenali Tipe Dosen Pembimbingmu 

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR–jrowEz4f6p9BqKWBRjo2iyIyMcxhfC2_TOnff3ynIiZQHWLpA

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada banyak karakter dosen, tips pertama agar bimbingan skripsimu lancar adalah, kenali dulu tipe dosen pembimbingmu, dari karakter, cara mengajar, dan lain sebagainya. Kalau perlu, tanya kakak angkatan yang pernah dibimbing skripsi oleh dosen tersebut, supaya tidak salah langkah! Jika kamu sudah mengenal karakter dosen yang akan jadi dosen pembimbingmu, langkah ke depannya akan lebih mudah  

2. Tunjukkan kesan yang baik di pertemuan pertamaAwal yang baik akan memudahkan langkahmu selanjutnya. Gunakan pakaian yang rapi, bersih dan wangi. Jangan lupa untuk 3S (salam, senyum, sapa) dan berikan kesan sopan sejak awal supaya meninggalkan kesan yang baik di benak dosenmu. Dengan kesan baik, dosen akan lebih mengenalmu. Dengan dikenal dosen setidaknya jalan bimbingan mu kedepannya bisa lebih lancar. Ingat yaa, manner first! 

 3. Datang lebih awal

http://www.glitzmedia.co/uploads/videos/in/yhZWkn0Lqw.jpg

Datanglah lebih awal sebelum waktu yang ditentukan yaa! Jangan sampai membuat dosenmu menunggu. Dengan datang tepat waktu, dosen pembimbingmu akan menilai kamu sebagai orang yang sangat menghargai waktu karena dosen tidak hanya menghabiskan waktu untuk bimbingan skripsimu, kan?

  4Hati-hati dalam berkomunikasi

https://www.elmstba.com/wp-content/uploads/1-282-728×300.jpg

Dalam bimbingan skripsi sudah pasti kita membutuhkan kontak dengan sang dosen. Yang jadi kendala biasanya cara untuk menghubungi dosen untuk meminta bimbingan. Yang perlu kamu ingat adalah perhatikan waktu menghubungi dosen. Penting untuk tidak menghubungi dosen di jam-jam malam, karena dosen biasanya menggunakan waktu malam untuk family time atau untuk istirahat. Kamu bisa coba hubungi melalui SMS, WhatsApp, atau langsung datang ke kampus untuk mengkonfirmasi jadwal bimbingan kamu. Jika tidak direspon, jangan langsung buru-buru menelepon atau mengirim sms/whatsapp terus menerus karena belum tentu dosen pembimbingmu tipe yang senang menerima telepon. Kamu harus bermuka tebal, dan tahan mental yaa! Kejar ke sana-ke mari, tunggu di depan ruangannya dan jangan mudah menyerah! Etika dalam menghubungi dosen juga penting ya. Jangan sampai kamu di cap annoying. Gunakan bahasa yang jelas, sopan dan to the point. Seperti misalnya:“Selamat pagi Bu, mohon maaf mengganggu waktunya, saya Norma, mahasiswi jurusan Bahasa Inggris rombel 1, Maaf bu saya ingin menanyakan apakah besok ibu ada waktu untuk bimbingan skripsi? Terima kasih…” 

5. Jangan Sok Pinter di Depan Dosen 

https://www.selipan.com/wp-content/uploads/2016/06/bnyk-bicara.jpg

Ingat yaa, motong penjelasan dosen is a big NO! Apalagi menyanggah yang niatnya untk ngejatuhin dosen kamu. Wah… cari penyakit. Kecuali, jika memang argumen kamu tepat dan kuat. Tapi basically, jangan sampai terlihat kalau kamu sok pinter di depan dosen. No! Itu bisa jadi penghambat bimbinganmu kedepannya. Kalau perlu, iyain semua pendapat yang beliau sampaikan, kalau memang pendapatnya ternyata salah atau kurang tepat, jangan sampai menyinggung atau terkesan sok pinter yaa!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tidak Lulus SBMPTN? Coba 5 Alternatif ini

 

Itu tadi tips-tips yang bisa kamu praktekkan dalam menghadapi dosen pembimbing. Tapi inget, cara-cara di atas bisa jadi percuma, jika kamu tidak ada kemauan dalam mengerjakan skripsi. Skripsi memang satu dari sekian ujian hidup, selain tips diatas, hubunganmu dengan Tuhan juga perlu diperbaiki yaa demi kelancaran skripsimu kedepannya. Semangat! (nwrdhni)

 

  

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Tipe – Tipe Anak Kost Jaman Now

Tipe – Tipe Anak Kost Jaman Now, Kamu yang Mana?

5 Jurusan ini Sepi Peminat tapi Prospek Karir Menjanjikan