in

Tips Liburan Hemat Buat Kamu, Mahasiswa

Hai hai… libur tlah tiba… libur tlah tiba… bokek..bokek…bokek, bokek! Yup sebentar lagi libur semester akan tiba, masa liburan bokek sih gengs? Gimana dong agenda liburanmu bareng sahabat? Hmmm… cuma wacana lagi dong yah? Yah sedih… Padahal kamu perlu lho sekali-kali liburan setelah menyelesaikan segala kesibukan dan aktivitas di kampus yang melelahkan. Buat kamu, mahasiswa on budget yang pengen liburan hemat bareng sahabat, nih ngampus kasih beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya liburanmu tetep jalan dan yang paling penting, tetep hemat. Check it out…

1. Cari tau destinasi wisata yang baru dibuka

Tips no.1, cari tau destinasi wisata yang baru dibuka. Kenapa? karena biasanya destinasi wisata yang baru dibuka masih menawarkan promo-promo menarik. Siapa tau kan ada potongan harga tiket masuk atau buy one get one ticket free. Yakin nggamau?

2. Hitung persiapan dana untuk liburanmu

Untuk liburan, pastikan kamu punya cukup dana setidaknya untuk biaya transportasi pulang pergi, penginapan, makan, dan tiket masuk destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Untuk jaga-jaga, kamu bisa nih mulai menghitung berapa kira-kira pengeluaran untuk liburanmu nanti. Karena ini baru perkiraan, jangan terlalu press harga yaa, kalau bisa lebihkan agar jika ternyata nantinya perkiraan harga yang kamu buat kurang, masih ada back up-nya. Oh iya jangan lupa masukkan uang khilaf yaa di daftar anggaranmu. Ini penting untuk jaga-jaga kalau-kalau kamu khilaf beli-beli yang sebenernya ngga perlu. Hehe…

3. Cari tau promo-promo transportasi dan penginapan

Supaya kantongmu terselamatkan, buat kamu yang pengen liburan ke luar kota atau mungkin ke luar negeri, kamu wajib update promo-promo transportasi macam kereta api atau tiket pesawat. Fyi, PT KAI biasanya akan memberikan promo di tanggal-tanggal tertentu macam hari kesaktian pancasila, atau hari kemerdakaan Indonesia, dan beberapa hari penting lainnya. Lumayan kan gengs, sisa uangnya bisa kamu pakai buat bayar yang lainnya. Kamu bisa nih follow akun sosial media yang biasanya update soal promo-promo macam ini. Tapi hati-hati ya gengs jangan sampai tertipu dengan promo palsu!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

4. Liburan bareng lebih asik

Selain lebih asik, liburan ramai-ramai bareng geng atau squad kamu akan membuat liburanmu lebih hemat. Kamu bisa berbagi penginapan, dan sewa kendaraan nih gengs! Lumayan kan, kalau penginapanmu seharga 200 ribu per kamar, dengan 4 orang kamu hanya perlu membayar sebesar 50 ribu! Patungan dong, biar hemat… Selain penginapan, biaya yang bisa kamu hemat dengan liburan bareng adalah biaya transportasi sampai biaya makan! Selain asik karena ramai-ramai, hemat juga kaan?

5. Nginep di Rumah Saudara

Mau lebih hemat lagi? Coba cari tau apa ada saudara-mu atau temen-temen liburanmu yang ada di kota itu. Lumayan kan, uang penginapan bisa kamu pakai untuk hal lain. Untuk mengurangi rasa ngga enak karena nebeng tidur, kamu mungkin perlu membawakan makanan khas dari kotamu yaa. Maksimal budget 50 ribu gitu… Lebih hemat kan daripada cari penginapan sendiri?

6. Lebih baik liburan di waktu yang tidak mainstream

Iya gengs! Kalau liburan ini kamu ngga bisa liburan karena budget terbatas, jangan sedih! Kamu bisa liburan di lain waktu kok, karena jika di musim liburan macam ini semua harga biasanya di banderol harga weekend. Mulai dari tiket masuk, tiket transportasi, akan dipatok harga lebih mahal. Dan yang jelas, destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi juga pasti ramai pengunjung kalau musim liburan macam ini. Hmmm…

7. Bawa Minum dan Camilan sendiri

Tips hemat selanjutnya adalah denga membawa minum dan camilan sendiri. Kenapa? Karena kalau kamu membeli di tempat wisata, harga yang ditawarkan untuk benda yang sama biasanya lebih mahal karena sudah termasuk pajak.Jadi lebih baik kalau kalian membawa minum dan camilan sendiri yaa!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Jakarta

8. Hindari Berbelanja di Tourist Spot

Sama seperti makanan, semua yang ada di tourist spot pada umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal. Kamu harus bisa menjaga mata dan membatasi pengeluaranmu semaksimal mungkin yaa gengs! Ingeet, esensinya adalah untuk liburan merefresh pikiran, jadi tahan keinginanmu buat beli-beli barang lucu yang mungkin kamu temui di tourist spot. Kalau pengen beli souvenir, pastikan untuk bertanya dulu berapa harganya dan jika memungkinkan untuk ditawar, tawar dulu ya gengs! No no gensi, kan mahasiswa hemat!

Tapi yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana caranya kamu menikmati liburanmu meskipun dengan budget minim. Gitu yaa gengs! Itu tadi beberapa tips liburan hemat ala ngampus. Ada yang belum disebut? Tulis di kolom komentar yaa… (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kenapa IPK Turun? Berikut Alasannya, dan Kiat-Kiat Meningkatkan IPK

Destinasi Liburan Murah Buat Mahasiswa