in

Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang wajib dikuasai untuk bisa bersaing di era globalisasi saat ini. Sebagai mahasiswa, perlu sekali untuk mempelajari Bahasa Inggris walaupun tidak menekuni program studi Bahasa Inggris entah itu program studi Ekonomi, Kedokteran, Teknik, Seni, Matematika, Fisika, Psikologi, atau apapun. Kenapa harus belajar Bahasa Inggris kan jurusan Ekonomi tidak ada hubungannya dengan Bahasa Inggris? Yakin Ekonomi tidak ada hubungannya sama Bahasa Inggris nih? Bahasa Inggris sangat membantumu untuk belajar bidang yang sedang ditekuni karena mayoritas referensi seperti buku, jurnal, penelitian, karya ilmiah, dan sumber belajar terpercaya lainnya biasanya tersedia hanya dalam Bahasa Inggris. Kalau masih belum percaya coba cek ke kakak tingkat atau dosen pengampu. Seperti yang kita tahu saat ini, komponen bahasa itu terdiri dari 4 keterampilan yaitu Keterampilan Mendengar (Listening Skill), Keterampilan Membaca (Reading Skill), Keterampilan Menulis (Writing Skill), dan Keterampilan Berbicara (Speaking Skill).

Salah satu keterampilan bahasa yang produktif dan biasanya memiliki banyak tantangan dalam menguasainya adalah Keterampilan Berbicara. Keterampilan Berbicara erat kaitannya dengan Pronunciation. Apa itu Pronunciation? Pronunciation adalah pelafalan atau cara mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris. Tentunya untuk bisa mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris dengan benar, kita harus mengacu ke Native Speaker atau penutur asli. Loh kita kan orang Indonesia seharusnya bangga dengan logat negara sendiri kenapa harus meniru logat mereka? Bangga dengan logat sendiri memang harus, namun sesuaikan dengan bahasa yang kita gunakan. Apabila sedang berbicara dengan Bahasa Indonesia, gunakalah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Begitu pula dengan Bahasa Inggris, kita harus menggunakannya sesuai standar ya. Berikut ini tips untuk melatih pronunciation Bahasa Inggris supaya mirip dengan penutur aslinya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengatur Budget Skincare untuk Mahasiswa

1. Latih Pendengaranmu

Tak cuma keterampilan berbicara saja yang harus dilatih, kemampuan mendengarkan juga perlu dilatih. Bukankah kita terbiasa mendengar setiap hari lalu apa yang harus dilatih? Telinga kita memang biasa mendengar setiap hari namun hanya dalam bahasa ibu atau bahasa yang digunakan setiap hari. Padahal cara pengucapan dalam Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris jauh berbeda karena banyak bunyi atau suara dalam Bahasa Inggris yang tidak ada dalam Bahasa Indonesia. Misalnya, bunyi /r/ diucapkan lebih jelas saat berbicara dengan Bahasa Indonesia sedangkan pada Bahasa Inggris bunyi /r/ terdengar agak sama-samar. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih pendengaran mulai dari menonton film berbahasa Inggris dengan aksen British atau American, mendengarkan lagu, mendengarkan podcast di British Council, menonton video di Youtube dan masih banyak lagi. Intinya sering-seringlah mendengarkan pembicaraan dalam Bahasa Inggris sehingga secara tidak sadar telinga menjadi lebih peka dengan bunyi-bunyi yang ada dalam Bahasa Inggris.

https://www.dw.com/image/17533732_303.jpg

2. Latih Kemampuan Berbicara

Setelah mendapat banyak input melalui mendengar maka dilanjutkan dengan berlatih mengucapkan. Seperti seorang bayi yang belajar berbicara mulai dari mendengarkan kemudian mencoba mengucapkan kata per kata. Mulailah dengan mengucapkan kata per kata secara akurat. Apabila mengalami kesulitan saat menirukan pengucapan dari sebuah video yang temponya terlalu cepat,  coba dengarkan dari kata per kata terlebih dahulu melalui kamus online yang menyediakan contoh pengucapan kata dalam bentuk rekaman. Kita bisa mengaksesnya di internet dengan mengunjungi situs en.oxforddictionaries.com dan jangan khawatir karena kamus ini bisa diakses secara gratis. Cobalah untuk menirukan kata tersebut semirip mungkin mulai dari pengucapannya hingga penempatan tekanan pada salah satu suku katanya. Setelah mampu mengucapkan kata per kata secara akurat, cobalah untuk menirukan pengucapan Bahasa Inggris yang lebih panjang hingga beberapa kalimat. Perhatikan intonasi dan pengucapan saat transisi antar kata dan antar kalimat.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MABA WAJIB BACA: Kamus Istilah dalam Perkuliahan
https://i.amz.mshcdn.com/anQY6HEwd0-vU-yTRjFK8Ns1Wzc=/950×534/filters:quality(90)/https%3A%2F%2Fblueprint-api-production.s3.amazonaws.com%2Fuploads%2Fcard%2Fimage%2F540722%2Fae0eb05e-ab44-45bd-a326-e30dbffe5ac8.jpg

3. Gunakan Teknik Record-Speak-Listen-Repeat

Manfaatkan gadget yang kita miliki juga untuk berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris. Semua smartphone saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur Voice Recorder atau perekam suara. Manfaatkan fitur tersebut untuk merekam pengucapan kita dalam Bahasa Inggris. Pertama-tama tekan tombol Record untuk merekam kemudian Speak yang artinya berbicara dalam Bahasa Inggris sembari direkam. Setelah selesai, dengarkan rekaman tadi (Listen) untuk mengoreksi apakah ada pengucapan kita yang salah atau belum mirip dengan contoh dari penutur aslinya. Apabila ada yang belum sesuai atau belum mirip, ulangi terus untuk mengucapkan hingga benar (Repeat).

https://img.etimg.com/thumb/msid-62944944,width-643,imgsize-39171,resizemode-4/ok-google-tech-giants-voice-assistant-sees-6-fold-growth-in-jiophones.jpg

4. Manfaatkan Ok Google

Beruntungnya kita saat ini yang telah dibantu juga dengan kecanggihan teknologi. Salah satu aplikasi yang juga sangat bermanfaat dalam rangka melatih pronunciation adalah aplikasi dari Google yang bernama Ok Google. Ok Google adalah adalah salah satu fitur dari Google Search yang mempermudah pengguna smartphone untuk mencari sesuatu melalui perkataan atau pengucapan. Biasanya saat melakukan pencarian di Internet menggunakan Google, kita harus mengetik keyword di kolom pencarian Google. Apabila menggunakan fitur Ok Google, kita hanya mengucapkan keyword tersebut tanpa perlu mengetiknya dan Google kemudian secara otomatis melakukan pencarian sesuai dengan keyword yang telah diucapkan. Apabila pengucapan Bahasa Inggris kita akurat, maka Google akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan hal yang kita ucapkan. Untuk mengakses Ok Google, diperlukan koneksi internet ya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kita aplikasikan untuk melatih pronunciation atau pengucapan dalam Bahasa Inggris. Tips-tips tersebut sangat menolong sekali terutama untuk kita yang tidak punya kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris dengan penutur aslinya langsung. Selamat mencoba! (rizkiift)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Tips Agar Tetap Semangat Belajar Meski Dikejar Tugas Kuliah

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Perbedaan British English dan American English

Mengenal Karakter Tiap Generasi, Kamu yang Mana?