in

Tips Memanfaatkan Nasi Sisa Buat Akhir Bulan yang Bahagia

Hai gengs!  Akhir bulan hampir tiba nih, gimana kabar dompet? Teruntuk anak kos yang masih dirumah mungkin masih aman ya, tapi apakabar yang sudah mulai kembali ke rantau? Demi akhir bulan yang kenyang dan aman di kantong, perlu nih kamu siapkan beberapa makanan akhir bulan ini ya gengs. Berbicara soal akhir bulan, dilema akhir bulan biasanya akan memaksamu buat memilih mie instant saja, tapi inget, itu ngga sehat gengs! Buat yang anti-mie-instant-club dan lebih suka nasi, kali ini ngampus akan memberikan beberapa tips memanfaatkan nasi sisa yang ada demi perut kenyang di akhir bulan. Yap! Nasi memang menjadi makanan terfavorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk kamu kan? Layaknya sebuah rutinitas, bagi sebagian dari kita pasti pernah merasakan kalau belum makan nasi rasanya seperti belum makan. Karenanya, makanan yang satu ini hampir pasti selalu ada tak terkecuali untuk anak kos.Anak kos hemat tentu udah akrab dong sama magic com? Tapi pernah nggak sih kalian masak terlalu banyak dan masih sisa padahal masih bisa dimakan dan rasanya sayang untuk dibuang? Tenang gengs, berikut ngampus kasih beberapa tips mengolah nasi sisa buat mengamankan perutmu dari godaan mi instant saat akhir bulan tiba. Check it out…

1. Nasi Goreng

Klasik, kalau dompet sudah mulai menipis dan kamu punya nasi sisa yang rasanya sayang untuk dibuang, nasi goreng bisa jadi andalan nih gengs! Dengan bermodalkan 2000 rupiah untuk membeli bumbu nasi goreng dan memanfaatkan minyak yang ada di dapur kos, kamu bisa dengan mudah membuatnya. Ngga bisa masak? Cara membuatnya mudah kok geengs, jadi yang perlu kalian siapkan:

  • Nasi secukupnya
  • Sebungkus bumbu nasi goreng instan
  • Minyak goreng
  • Telur (opsional)
  • Wajan untuk menggoreng
ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Jangan Lakukan 7 Hal ini di Awal Masuk Kuliah

Jadi pertama kalian siapkan dulu wajan, panaskan minyak secukupnya. Masukkan nasi, taburkan bumbu nasi goreng instant diatasnya, aduk rata. Masak hingga kuning kecokelatan. Jadi deh! Gampang kan? Perut kenyang, aman di kantong.

2. Bola-bola Nasi

http://2.bp.blogspot.com/_xhiyjOtYgfA/SnbgY0d2kzI/AAAAAAAAA7k/YhEn_irzP8I/s320/Bola-Bola-Nasi-Goreng.jpg

Sayang untuk dibuang, nasi sisa yang masih enak dimakan ini bisa kamu jadikan bola bola nasi ya gengs. Untuk membuatnya kamu perlu siapkan bahan tambahan macam telur, tepung serbaguna, dan tepung panko. Dengan bermodalkan 15 ribu rupiah kamu sudah bisa membeli semua bahan yang dibutuhkan.

  • Nasi secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Telur
  • Tepung serbaguna
  • Tepung Panko
  • Minyak Goreng

Cara membuatnya gampang nih gengs, campur nasi dengan telur, tepung serbaguna, dan penyedap rasa, aduk rata. Bagi menjadi beberapa bagian kemudian bulatkan. Gulingkan bola-bola nasi ke tepung panko. Goreng. Voila! Bola-bola nasi yang instagrammable udah jadi gengs!

3. Pancake nasi

http://berasmaknyuss.com/wp-content/uploads/2017/06/maknyuss-30-mei-2017.jpg

Olahan nasi lainnya yang bisa kamu buat dengan bermodalkan nasi, telur, dan minyak adalah pancake nasi! Baru denger? Iyaa. Tidak jauh berbeda dengan bola-bola nasi, yang kamu perlukan adalah:

  • Nasi secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Telur
  • Minyak

Cara membuatnya juga mudah nih gengs! Campurkan nasi, penyedap rasa dan telur, lalu aduk hingga merata. Panaskan wajan dan beri minyak sedikit. Tuangkan satu sendok besar adonan nasi, lalu pipihkan. Masak kira-kira 3-4 menit untuk tiap sisinya hingga kecokelatan. Gampang kan?

4. Nasi Uduk

http://2.bp.blogspot.com/-qjFNUrKXbC8/VqjITujOqwI/AAAAAAAAEtg/iPwP0el4sJI/s1600/nasi%2Buduk.jpg

Daripada dibuang, nasi sisa yang ada bisa kamu olah jadi nasi uduk lho gengs! Iya nasi uduk! Daripada beli diluaran, kamu bisa nih bikin sendiri di kos dengan memanfaatkan nasi sisa yang ada. Yang kamu butuhkan hanya santan (ada yang instant) dan penyedap rasa! Jadi taruh nasi yang masih ada di magic com, beri air sampai kira kira nasi tergenang, masukkan santan dan penyedap rasa secukupnya. Masak seperti memasak nasi biasa. Jadi deh! Gampang kan? Untuk pelengkapnya kamu bisa dadar telur yaa gengs!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  12 Tips Hemat a la Anak Kost

5. Nasi Kuning

http://www.juraganresep.com/wp-content/uploads/2016/02/Resep-nasi-kuning-bumbu-cara-membuat.jpg

Bukan nasi yang kuning karena kelamaan di magic com ya gengs! Haha. Cara membuatnya bisa dibilang mudah, kamu tinggal beli bumbu instan nasi kuning, siapkan nasi. Dengan bermodalkan dibawah 10 ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkan bumbu nasi kuning instan. Jadi yang kamu perlukan adalah :

  • Nasi secukupnya
  • Sedikit air
  • Bumbu nasi kuning instant

Masukkan bumbunya aduk merata tambahkan air sedikit dan masak seperti kamu memasak nasi seperti biasa. Sebagai pelengkap, kamu bisa nih gengs menambahkan telur dadar yang diiris tipis-tipis macam di kang nasi kuning. Hehe…

Itu tadi beberapa resep olahan nasi sisa yang bisa kamu praktekkan di kost-an ya gengs! Yang terpenting di akhir bulan adalah bagaimana menjaga perut tetap kenyang dengan budget seminimal mungkin. Betul? (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

7 Menu Makanan Seharga Kurang dari Sepuluh Ribu

LEON (Lomba Esai Nasional) 2018