in

Tips Membuat Catatan Lebih Menarik dan Efektif

Gengs, kalian mungkin pernah mendengar kalimat yang berbunyi “ikatlah ilmu dengan tulisan”. Jika diibartkan, ilmu disini diibaratkan sebagai buruan, dan mencatat sebagai pengikatnya. Dengan kata lain,  salah satu cara agar ilmu tetap tinggal di dalam kepala adalah dengan cara mencatatnya. Sebagai mahasiswa, memiliki catatan merupakan hal yang penting. Kenapa? Karena dalam perkuliahan, kita akan menyerap segudang informasi yang mungkin akan menghilang seminggu kemudian dari kepala kita jika kita tidak mencatatnya. Iya ngga sih? Oleh karena itu, penting nih gengs untuk membuat catatan. Catatan yang ada pun tidak serta merta asal menulis atau malah semua perkataan dosen kita tulis ya gengs. Kita butuh untuk memiliki catatan yang rapi dan efektif nih, supaya pada saatnya kita membuka lagi, ilmu yang tersimpan akan lebih mudah ter-transfer kembali ke kepala kita. Untuk kamu yang memiliki daya ingat sedikit lebih pelan dibanding teman lainnya, penting nih buat kamu untuk membuat catatan yang efektif. Lalu catatan yang efektif ini kayak mana sih? Kayak gini loh caranya…

1. Kamu bisa menggunakan metode Cornell

http://shopwritersbloc.com

Jika kalian ingin menggunakan metode pencatatan Cornell, seperti yang terlihat di gambar diatas, hal yang harus kamu lakukan adalah:

  • Pertama, bagi kertas menjadi tiga bagian.
  • Setelah itu,  beri judul catatan, tanggal, topik dan kelas di bagian atas.
  • Selanjutnya, Isi bagian yang terbesar dengan inti dari isi catatanmu. Ingat! Jangan tulis sama persis dengan yang ada di buku ya gengs. Jika memungkinkan gunakan bahasamu sendiri agar kamu lebih mudah untuk mengingatnya.
  • Lalu kamu bisa isi kolom kosong disebelah kirinya dengan ide utama atau poin-poin penting dari penjelasan di kolom kanan seperti nama orang, tanggal kejadian, hasil perundingan dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa untuk memberi satu atau dua spasi setiap ganti topik ya gengs!
  • Terakhir, tulis kesimpulan singkat dari rangkumanmu di kolom bagian bawah ya gengs

2. Biar Dedi Corbuzier aja yang Hitam Putih, catatanmu jangan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  PPT Hacks Buat Kamu yang Serba Cepet
http://pinterest.com

Iya gengs jangan biarkan catatanmu hitam putih.  Kamu bisa menggunakan spidol warna atau pulpen warna-warni agar catatanmu lebih ceria. Catatan yang berwarna-warni terbukti lebih menarik minat baca ketimbang catatan hitam putih yang biasa-biasa saja. Kamu bisa juga nih menambahkan gambar dan menjadikan catatanmu macam infographic seperti catatan diatasLebih menarik untuk dibaca kan gengs?  

3.  Tulislah dengan sistematis dan yang paling penting, rapih!

http://hongkiat.com

Agar catatanmu lebih “menggoda” untuk dibaca, cobalah untuk membuatnya lebih rapi. Dengan catatan yang rapi dan sistematis kamu tentu tidak akan bingung materi mana yang akan kamu cari dan kamu baca kembali. Begitu gengs?  Kamu bisa memulainya dengan membuat beberapa kotakan kecil dalam satu halaman yang nantinya bisa kamu isi dengan point-point penting dari masing-masing bab. Tentu lebih efektif dan menarik kan ketimbang harus membaca halaman demi halaman buku referensi kuliah.

4.  Buat model mind-map juga oke nih

http://mindmeister.com

Untuk kamu yang terbiasa membuat konsep dan lebih menyukai bentuk mind-map atau peta pikiran, kamu bisa nih menyulap catatan materi satu bab-mu menjadi bentuk  mind-map macam catatan diatas. Bentuk mind map memang yang termudah dan tercepat yang bisa kamu terapkan langsung pada saat perkuliahan. Dengan melihat peta konsep yang kamu buat mungkin pikiranmu akan langsung merespon dengan mengingat kembali penjelasan dosenmu di kelas. Cling!

5. Tulislah menggunakan tulisan tangan alias manual, kurangi mencatat menggunakan smartphone-mu

Tau ngga gengs, hasil riset dari Universitas Princeton menyebutkan bahwa catatan tulisan tangan terbukti lebih efektif dan membuatmu lebih mudah mengingat materi dari pada catatan yang kamu buat menggunakan gadget. Jadi, kurang-kurangin ya gengs! Mulailah kembali ke cara tradisional yang ternyata lebih efektif.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bingung Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi? Ini Tipsnya

6. Males nulis ulang di buku catatan? Pakai sticky notes aja 

http://pinterest.com

Buat kamu yang males nulis di buku catatan karena males nulis banyak-banyak, kamu bisa nih pakai sticky notes atau ada juga yang bilang stiker post it. Caranya tinggal tuliskan point-point penting di halaman tertentu lalu tempelkan di halaman tersebut. Selain sebagai rangkuman materi, sticky notes juga bisa berfungsi sebagai penanda halaman ya gengs!  Multifungsi, cihuy!

Itu tadi beberapa tips untuk membuat catatanmu lebih menarik dan efisien. Gimana, udah pernah coba salah satunya? Atau mungkin jadi tertarik untuk mencoba salah satu tips diatas? Semoga dapat membantu ya gengs!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Skincare Wajib untuk Mahasiswa

Seminar Nasional “Media dan Politik Jelang Pilpres 2019”