in

Tips Memilih Kost-an

Tips Memilih Kost-an Mahasiswa

Memilih kosan bisa jadi hal yang; gampang, gampang banget, atau challenging banget bagi mahasiswa. Gampang untuk teman-teman yang punya kenalan yang berdomisili di daerah tersebut, gampang banget kalau kalian udah lama domisili di daerah target, atau malah bisa jadi susah banget karena mungkin waktu cari kost-an kamu pas barengan awal semester, which is banyak yang nyari kosan juga.

Karena  kost-an ini nantinya akan jadi pengganti rumah kamu selama di perantauan, pastikan kalian pilih kos yang senyaman mungkin, seaman mungkin dan sesuai budget kalian, yaa!

Buat yang lagi cari kost-an atau baru mau nge-kost, berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum nantinya terjun langsung cari lokasi:

1. Perhatikan Keamanan Lingkungan Kost

http://www.protectiongroup.co.za/wp-content/uploads/2017/09/safety.jpg

Pertama dan paling utama, jika kamu akan mencari kost, survey atau cari tahu dulu tingkat keamanannya. Kalian bisa pilih kost-an yang dijaga oleh penjaga kost atau Bapak/Ibu kost. Untuk yang punya budget tinggi, kalian bisa pilih kost-an yang memiliki fasilitas cctv yaa! Untuk standard keamanan, kalian bisa cek gerbang, pintu depan, sampai garasinya, apakah sekiranya aman?  Kamu juga perlu perhatikan lingkungan sekitar kost-an yang akan kamu tinggali. Sebisa mungkin cari area yang tidak sepi yaa!

2. Sesuaikan dengan Budget

https://cdn1-a.production.images.static6.com/-hNteeef5OUUKcP4qNNHmrEbOwE=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1013558/original/005420700_1444269375-rupiah230715.jpg

Untuk teman-teman yang tidak memiliki standard budget untuk sewa kamar kost, poin ini bisa di skip  ya! Tapi untuk mahasiswa baru dengan budget yang mungkin terbatas untuk sewa kost-an, pilih kamar yang ekonomis. Sudah pasti kamar tipe ini jadi best-seller, oleh karena itu, kalian harus survey harga kost-an jauh-jauh hari. Jangan lupa pastikan metode pembayaran yang dipakai di kost tersebut ya, bulanan, per-semester atau pertahun. Jika kalian sudah menemukan kamar kost yang cocok, langsung beri uang muka, dan minta kwitansi pembayarannya supaya kost-anmu tidak diambil pencari kost lainnya. Aman!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  PPT Hacks Buat Kamu yang Serba Cepet

3.  Lihat Fasilitas Kamar dan Fasilitas Umum yang Ada di kost-an

https://kostputrimalangeksklusif.files.wordpress.com/2015/03/kamar-2-samping-r.jpg

Selain kemanan dan harga, hal yang perlu diperhatikan lagi adalah fasilitas yang di dapatkan. Dengan harga yang disepakati, apakah seimbang dengan fasilitas yang didapatkan? Fasilitas standard yang biasanya akan kamu dapatkan di kamar adalah; kasur + bantal, lemari pakaian, dan meja belajar. Untuk kost-an dengan harga lebih tinggi biasanya menawarkan fasilitas ac dan kamar mandi dalam juga, lho! Tapi pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan yaa. Untuk menunjang tugas perkuliahanmu nanti, jangan lupa pilih kost-an yang ada fasilitas wifinya. Bagi yang suka memasak dan ingin berhemat, cari lah kost-an yang menyediakan fasilitas dapur. Lumayan kan, irit. Selain itu, ada atau tidaknya Asisten Rumah Tangga yang mengurus kebersihan kosan juga bisa jadi pertimbangan. Jangan lupa, tanyakan dengan jelas soal pembayaran listrik dan air yang kamu gunakan setiap bulan. Sebisa mungkin cari kost-an yang sudah all-in yaa!

4. Cari lokasi strategis 

https://1.bp.blogspot.com/-EjMyUXVySbs/VkSiN41VbjI/AAAAAAAAAGk/ovcBgW8jKz8/s1600/map_gps_NVTL.jpg

Lokasi strategis yang dimaksud disini adalah lokasi yang dapat kamu jangkau. Hal ini berhubungan dengan bagaimana transportasi yang akan kamu gunakan. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kost yang jaraknya agak jauh dari kampus tidak jadi masalah, dan biasanya, sewa kost yang jaraknya jauh dari kampus akan lebih murah. Tetapi jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi di kost nanti, pilih lah kost-an yang jaraknya dekat dengan kampus, yaa! Setidaknya bisa kamu capai dengan 5-10 jalan kaki. Kost yang dekat dengan kampus biasanya lebih mahal sewanya, tapi, segi positifnya, kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk transport, kan? Kamu juga bisa dengan cepat sampai kost-an jika ternyata jadwal perkuliahan ditunda atau selesai lebih awal. Perhatikan juga lingkungan sekitar rumah kost yaa. Lebih baik lagi jika di lingkungan kost kamu terdapat warung, fotocopian, dan minimarket.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Membuat Powerpointmu Dilirik Dosen

 

5. Teman Kost

http://1.bp.blogspot.com/-mcqxAp9yhlY/VgqE4vUebeI/AAAAAAAAAB0/QYY3EMcUct0/s1600/20150914_001435.jpg

Ada baiknya kamu pastikan dulu apakah kost-an target kamu kos khusus wanita, khusus pria, atau kost campuran. Karena nantinya kostanmu jadi pengganti rumahmu, pilih tetangga kamar yang bisa membuat kamu nyaman yaa! Kamar kost yang dihuni mostly mahasiswa biasanya ramai, berbeda dengan kost-an pekerja kantoran yang pastinya sepi kalau siang karena pasti ditinggal ke kantor.

Nah selain semua hal diatas mungkin ada pertimbangan pribadi yaa, karena kost nantinya akan menjadi rumah kamu selama di rantau, sebisa mungkin cari yang membuat kamu nyaman, biar ngga gampang homesick. Ups …

(nwrdhni)

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

10 Checklist Wajib Anak Kos Baru

10 Checklist Wajib Anak Kos Baru

Beberapa Tipe Dosen yang Pasti Ada di Kampusmu