in

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa

Laptop adalah salah satu gadget yang sering digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, hingga orang-orang usia lanjut. Laptop sendiri memiliki spesifikasi yang bermacam-macam mulai dari laptop yang harganya murah dengan fitur terbatas hingga laptop gaming yang berharga puluhan juta. Variasi yang beragam ini sering membuat mahasiswa bingung untuk menjatuhkan pilihan laptop mana yang harus dibeli. Berikut ini 6 tips memilih laptop yang sesuai untuk menemani kuliah kamu.

1. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Namanya juga mahasiswa, biasanya memiliki budget yang terbatas. Bagi yang memiliki budget lebih, harga bukan menjadi masalah. Sebelum membeli laptop sebaiknya tentukan terlebih dahulu range harga yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Setelah kamu menentukan range harga, kamu bisa mencari informasi di internet terlebih dahulu untuk mengetahui laptop mana saja yang harganya sesuai. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak dana apabila kamu menggunakan laptop hanya untuk keperluan standar. Mungkin laptop dengan harga 3 hingga 5 jutaan sudah cukup untuk sarana belajar dengan keperluan standar.

2. Spesifikasi Harus Sesuai Kebutuhan

Membeli laptop yang tepat bukan sekedar memilih dari harga yang termurah. Hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah spesifikasi laptop tersebut. Pastikan spesifikasi laptop yang akan kamu beli bisa menunjang aktivitasmu sebagai mahasiswa. Setiap mahasiswa pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai jurusannya. Misalnya untuk kamu mahasiswa jurusan bahasa atau ilmu sosial, laptop dengan spesifikasi rendah sudah cukup karena mayoritas penggunaan paling untuk browsing, mengetik, dan membaca. Untuk mahasiswa jurusan arsitek, teknik, atau komputer kemungkinan akan membutuhkan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi karena biasanya aplikasi yang digunakan ukurannya besar dan tidak bisa di-install di sembarang laptop. Beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan adalah RAM, spek CPU, kapasitas memori internal dan juga baterai. Berikut ini petunjuk spesifikasi laptop sesuai kebutuhan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bisnis Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

Kebutuhan Standar (Browsing, Office, belajar)

  • Layar 11 – 14″
  • CPU Intel Core i3, Celeron, atau Pentium
  • RAM 2 – 4 GB
  • Hard Disk Drive (HDD) 250 -320 GB
  • Tambahan : Wi-Fi, DVD-RW, port HDMI, Bluetooth & Camera

Kebutuhan desain dan teknik

  • Layar 14″ atau lebih
  • CPU Intel Core i5 atau i7
  • RAM minimal 4 GB
  • Hard Disk Drive (HDD) minimal 500 GB
  • VGA NVIDIA minimal 2 GB
  • Tambahan : Wi-Fi, DVD-RW, port HDMI, Bluetooth & Camera
https://www.thurrott.com/wp-content/uploads/2017/11/windows-10-redstone-4-hero.jpg

3. Sistem Operasi Preinstalled

Kalau komponen hardware-nya sudah prima, jangan lupa kualitas komponen software-nya pula. Ketika membeli laptop, sebaiknya pilih laptop yang sistem operasinya sudah pre-installed. Membeli laptop yang sudah include dengan sistem operasi original akan lebih menguntungkan karena harga sistem operasi original cukup mahal. Hindari pemakaian sistem operasi bajakan karena banyak resiko yang akan mengintai seperti munculnya pesan mengganggu dari sistem operasi bajakan, rawan virus dan malware, hingga fitur pada laptop tidak bekerja maksimal.

4. Perhatikan Desain Laptop

Padatnya jadwal kuliah menuntut kamu memiliki mobilitas yang tinggi. Laptop kamu juga harus mampu mengimbangi tingginya mobilitas tersebut. Jika memungkinkan, pilihlah laptop dengan desain minimalis dengan ukuran sedang dan ringan sehingga kamu bisa membawa laptop ke mana saja tanpa merasa keberatan. Kamu juga bisa memilih desain laptop yang unik dan elegan yang bisa menunjukkan karaktermu. Sudah banyak brand laptop di pasaran yang memiliki desain stylish serta eye-catching.

5. Beli Laptop Bergaransi Resmi

Ini hal yang sering dilupakan orang saat membeli laptop. Garansi sangat penting untuk dipertimbangkan saat membeli peralatan elektronik termasuk laptop. Garansi juga sangat berguna apabila laptop yang kamu beli terdapat cacat dari pabrik. Untuk mendapatkan laptop yang dilengkapi dengan garansi resmi, belilah laptop di penjual yang terpercaya seperti distributor resmi atau official store dari brand tersebut. Dengan adanya garansi, kamu jadi tidak perlu khawatir lagi jika laptop mengalami masalah. Selama masa garansi belum habis, kamu bisa langsung memperbaikinya di tempat pembelian atau di service center brand laptop tersebut. Perlu diingat bahwa masa garansi pada laptop bisa berbeda-beda. Jadi pastikan cek masa berlaku garansi ya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Buat Cowok Senior, Ini 5 Tips Agar Adik Tingkat Naksir Sama Kamu

6. Cek After Sales Service Brand Laptop

Sebelum kamu membeli laptop, ada baiknya untuk mengecek dan mempertimbangkan kualitas pelayanan purna jual atau After Sales Service brand laptop yang akan dibeli. Sebelum membeli laptop yang kamu inginkan, kamu bisa bertanya kepada penjual apakah Service Center brand laptop tersebut tersedia di kota kamu karena tidak semua brand memiliki Service Center di setiap kota. Jangan sampai garansi resmi laptop kalian menjadi sia-sia karena ketiadaan After Sales Service di kota kamu. Kamu  juga perlu survei terkait kualitas pelayanan purna jual brand laptop yang akan dibeli. Kamu bisa mencari informasi melalui internet, teman, saudara, dan keluarga yang pernah memperbaiki laptopnya di Service Center resmi brand laptop tersebut. Tidak direkomendasikan untuk membeli laptop dari brand yang pelayanan purna jualnya asal-asalan dan tidak profesional.

Itulah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat memilih laptop khususnya untuk mahasiswa. Jika sudah menentukan jenis laptop namun budget masih tidak mencukupi, kamu bisa membeli laptop second atau bekas sebagai solusinya. Harganya memang jauh lebih murah dengan spesifikasi yang sama tapi jangan lupa cek kondisi laptop sebelum dibeli. Pastikan laptop masih dalam keadaan cukup bagus untuk dipakai. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Photon (Physics Competition)

Sistem Pendidikan Indonesia Masih Ditujukan untuk Era Industri