in

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Banyak sekali komunitas Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) di perguruan tinggi. Kegiatan MAPALA biasanya identik dengan alam salah satunya adalah mendaki gunung. Sebagian besar mahasiswa anggota MAPALA biasanya sudah familiar dan pernah punya pengalaman dengan kegiatan mendaki gunung. Namun tak sedikit pula mahasiswa yang masih newbie alias pemula atau malah belum pernah mendaki gunung sama sekali. Sebagai orang yang awam dengan kegiatan mendaki gunung, terkadang merasa bingung apa saja hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Berikut ini tips mendaki gunung untuk pemula.

1.  Tentukan Tujuan Pendakian

Sebelum mendaki, pastikan terlebih dahulu tujuan pendakian. Pilih gunung yang akan didaki sesuai dengan kemampuan kalian. Perkirakan apakah kamu mampu untuk mendaki gunung tersebut atau tidak. Jangan sampai rencana pendakian berantakan karena tidak mampu menyelesaikan perjalanan pendakian. Kalau kalian sudah bersusah-payah memulai pendakian namun pada akhirnya tidak dapat sampai tujuan sayang sekali bukan. Solusinya kalian bisa mencari informasi terkait dengan gunung yang dituju terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

2.  Pilih Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu sama pentingnya dengan pemilihan tujuan pendakian. Pilih waktu yang ideal untuk mendaki. Jangan mendaki gunung saat cuaca sedang ekstrim. Hindari mendaki gunung saat hujan lebat, badai, apalagi saat gunung erupsi. Pilihlah waktu yang tepat saat gunung dalam keadaan aman untuk didaki.

3.  Persiapkan Fisik Sebelum Mendaki

Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang benar-benar bugar. Berolahraga sebelum memulai pendakian sangat penting untuk dilakukan karena biasanya untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Oleh karena itu, disarankan untuk berolahraga minimal sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan sebulan sebelum untuk mempersiapkan pendakian adalah jogging atau lari.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengembalikan Semangat Kuliah Setelah Liburan

4.  Bawa Perlengkapan yang Benar-Benar Penting

Persiapkan seluruh perlengkapan dan peralatan mendaki sebelum memulai pendakian. Sesuaikan juga barang bawaan dengan kebutuhan dan durasi pendakian. Semakin lama durasi pendakian maka semakin banyak barang-barang yang harus dibawa. Usahakan untuk membawa barang yang benar-benar penting. Jangan membawa perlengkapan yang bisa menghambat pendakian seperti tikar besar atau boneka.

5.  Bawa Tenda dan Sleeping Bag

Kegiatan mendaki gunung biasanya dibarengi dengan kegiatan camping. Bawalah tenda sesuai kebutuhan dengan kualitas yang baik. Pilih tenda yang tahan angin, tidak bocor, dan nyaman. Membawa tenda terlalu besar dapat menghambat pendakian karena beratnya. Untuk sleeping bag pilih juga yang sudah teruji kualitasnya. Selain itu, membawa matras juga sangat penting untuk keperluan tidur. Karena biasanya tanah yang digunakan sebagai alas tetap terasa dingin meskipun sudah menggunakan sleeping bag. Matras yang praktis adalah yang bisa dilipat dan digelembungkan dengan tiupan mulut. Matras yang terbuat dari karet busa juga pilihan yang baik karena kemampuannya menyekat hawa dingin dari tanah.

6.  Bawa Jaket & Jas Hujan

Membawa jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena bahan ini memang nampak kuat dan praktis namun sulit sekali kering apabila basah. Selain jaket, jas hujan juga tak boleh ketinggalan. Jas hujan sangatlah diperlukan untuk melindungi tubuh dan seisi tas jika hujan saat pendakian. Apabila hujan cukup deras, sebaiknya berhenti sejenak dan mendirikan tenda sementara untuk berteduh. Hindari menggunakan telepon genggam atau gadget ketika sedang turun hujan yang berpotensi petir.

7.  Sesuaikan Jenis Ransel (Carrier)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  10 Kebiasaan Mahasiswa Sukses

Carrier atau tas besar adalah perlengkapan utama dalam pendakian. Gunakan tas yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Bila Anda bertubuh kecil, disarankan menggunakan tas yang tidak terlalu besar. Karena bentuk dan berat tas yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan saat mendaki.

8.  Gunakan Sepatu Hiking

Kegiatan utama dalam mendaki gunung adalah berjalan jadi perlindungan terhadap kaki harus benar-benar diperhatikan. Kaki harus terlindung agar tidak terluka di sepanjang perjalanan. Sepasang sepatu hiking sangat tepat untuk melindungi kaki saat pendakian.

9.  Bawa Perlengkapan Memasak

Perlengkapan memasak dan makanan yang cukup adalah salah satu perlengkapan krusial yang harus dibawa pada saat melakukan pendakian. Bawalah kompor gas portable karena lebih praktis. Jangan lupa untuk membawa cadangan gas yang cukup untuk memasak. Sebagai wadah untuk memasak, pilihlah panci yang kecil dan praktis.

10.  Bawa Perlengkapan P3K

Perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) sangat penting itu dibawa. Selain untuk berjaga-jaga apabila ada kondisi darurat seperti terluka & memar, bawalah juga obat-obatan seperti obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin, obat demam, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.

11.  Jangan Mendaki Sendirian

Untuk para pendaki yang masih pemula, jangan lakukan pendakian sendirian tanpa rekan. Sebaiknya lakukan pendakian dengan ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman. Bisa juga meminta bantuan warga lokal yang sudah hafal dengan kondisi dan jalur pendakian.

Itulah tadi sebelas tips yang bisa membantu kalian memulai petualangan mendaki gunung. Bagi kalian yang sudah mahir tips ini juga tetap berguna kok. Mendaki gunung bukan hanya perkara bisa sampai ke tujuan namun perhatikan pula keselamatan saat dalam perjalanan. Tetap jagalah kebersihan lingkungan saat kalian mendaki dan taati aturan yang berlaku di daerah setempat. (rizkiift)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa dan Ketergantungan Akan Instagram

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Berniat Puasa Gadget? Cek Manfaatnya Disini

7 Penyakit Laptop Jadul