in

Tips Mengatasi Homesick

Kembali ke kota orang tempatmu menuntut ilmu dan meninggalkan kampung halaman lagi setelah libur panjang pasti menjadi hal yang paling malesin ya gengs. Baru mulai packing aja udah terbayang banyak hal yang harus kalian lakukan nanti di kost-an, atau terbayang kehidupan kost-an yang semua-muanya sendiri lagi. Kebiasaan semua sudah ada di meja selama liburan di rumah akan jadi jauh berbeda di rantau nanti. Perbedaan kecil macam ini lah yang seringkali menimbulkan homesick. Homesick merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut rasa rindu kampung halaman dan segala hal yang berhubungan dengannya termasuk rumah dan semua orang yang ada di dalamnya. Homesick merupakan hal yang wajar bagi mahasiswa rantau baru, mungkin mahasiswa yang baru merantau akan merasakannya di 6 bulan pertama merantau, atau at least sampai bisa merasakan kenyamanan atau sudah mulai dengan kesibukan kampus. Homesick merupakan suatu hal yang tidak akan bisa di hilangkan, tapi bisa kamu atasi nih gengs. Berikut beberapa cara mengatasi homesick ala ngampus yang mungkin bisa kamu coba nanti:

1. Homesick? Telpon atau V-call dong

Jarak bukan menjadi masalah lagi seiring berkembangnya teknologi. Yap! Kamu yang kuliah di luar kota atau bahkan di luar negeri tetap bisa melihat wajah orang-orang tersayang di kampung dengan menggunakan fasilitas Video Call alias V-call yang lagi hype belakangan ini gengs! Yang kamu butuhkan adalah handphone dengan kamera depan, dan kuota internet. Problem solved.

2. Cari teman sebanyak-banyaknya di kota rantau

Homesick memang tidak bisa dihilangkan gengs, tetapi bisa di minimalisir dengan menambah kegiatan-mu di rantau, cari teman sebanyak-banyaknya di rantau agar kamu tidak melulu teringat kampung halaman dan rasa pengen pulang. Dengan punya banyak kenalan di kota rantau, kamu bisa hangout dan eksplore kota yang sedang kamu tinggali bersama teman-teman, dan kamu bisa membaginya dengan orang tersayang di kampung.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Surabaya

3. Gabung dengan himpunan mahasiswa daerahmu

Mungkin rasa homesick-mu bisa sedikit ter-redam dengan berkumpul bersama teman-teman yang berasal dari daerah yang sama. Paling ngga kamu bisa ngobrol asik pake logat daerahmu yang mungkin kamu rindukan setelah sekian lama merantau. Dengan bergabung dengan himpunan mahasiswa daerahmu, kamu juga jadi merasa punya temen senasip sepenanggungan kan gengs? Saat kalian butuh bantuan, atau sekedar janjian pulang bareng ke kampung halaman nanti juga jadi ada temennya kan.

4. Cari pacar di rantau

Ehem. Iya kamu ngga salah baca gengs. Carilah pacar di tempatmu merantau bisa meredam rasa homesick-mu lho! Malah kebanyakan nih, kalau udah punya pacar di rantau, kamu akan merasa males pulang dan betah disana. Hahaha…

5. Rindu masakan kampuang? Cari lah di kota tempatmu merantau

Kalau kamu homesick karena kangen masakan daerah-mu, cobalah cari makanan khas daerahmu di kota-mu merantau. Biasanya kota-kota besar punya tempat pujasera alias pusat jajanan serba ada yang mungkin didalamnya ada makanan khas daerahmu.

6. Enjoy your me-time

Untuk sedikit melupakan rasa homesick, kamu bisa nih memanjakan diri. Lakukan hal-hal yang membuatmu senang seperti mendalami hobi, atau sekedar perawatan diri. Homesick mereda, kulit cerah dan pikiran yang fresh datang. Cihuy!

7. Pulang

Jurus pamungkas ketika hatimu sudah benar-benar lelah, merasa tidak tahan dan ingin pulang, tentukan tanggal dan segera pesan tiket kereta atau pesawat, pulang lah. Karena sekali lagi, rasa homesick memang tidak bisa dihilangkan, hanya bisa diredam dan ketika kamu sudah tidak kuat,  pulang bisa jadi pilihan.

Gimana gengs? Beberapa tips diatas mungkin bisa kalian coba untuk meredam homesick yang tak tertahankan (etdah!). Cara yang paling ampuh mungkin yang nomor 4 ya gengs! Haha.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Bangun Pagi Buat Kamu Mahasiswa Telatan

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

MABA WAJIB BACA: Kost atau Asrama?

Judulmu Sering Ditolak? Coba Cara Ini!