in

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Hai gengs! Apakah kamu termasuk orang dengan nomophobia? Kalau kamu belum tahu apa itu nomophobia a.k.a “no mobile phobia”, kamu bisa membacanya disini. Iya, kalau sebelumnya ngampus pernah membahas tentang ciri – ciri orang yang terkena nomophobiakali ini ngampus mau membahas tentang beberapa tips yang bisa kamu coba jika kamu merasakan gejala-gejalanya. Belum tahu apa saja ciri-ciri atau gejalanya? Kamu bisa cari tahu disini.

Berbicara soal kecanduan gadget atau smartphone, tau ngga sih, sekitar 16.000 poundsterling atau sekitar 300 juta rupiah lebih dikeluarkan warga Inggris yang ingin ”digital detox” atau terbebas dari nomophobia atau kecanduan gadget. Jika kamu ingin mengatasi gejala kecanduan gadget, tanpa ingin menghabiskan banyak biaya, kamu bisa nih coba beberapa tips dibawah ini:

1. Kurangi frekuensi bermain gadget

Kecanduan bisa terjadi karena tingginya frekuensi penggunaan. Jadi, cobalah untuk mengurangi waktu bermain gadget-mu. Kamu tidak akan bisa langsung menghentikan kebiasaan ini secara langsung. Tapi kamu bisa nih menguranginya secara perlahan gengs! Misalnya, jika biasanya kamu menggunakan gadget seharian, cobalah untuk mengurangi waktu bermainmu menjadi 4 jam sehari, yang nantinya bertahap, menjadi 2 jam sehari. Batasi maksimal penggunaan gadget 2 jam/hari.

2. Jangan membuka gadget 30 menit setelah bangun tidur

Lakukan kegiatan yang lebih bermanfaat selepas bangun tidur seperti bersyukur, membuka jendela dan merapikan tempat tidur. Berdasarkan survey yang ngampus adakan, orang yang bermain gadget atau smartphone selepas bangun tidur cenderung akan lebih malas dan kurang bersemangat dalam menjalani hari. Mereka menghabiskan waktu lebih lama untuk bangun dan menjalankan aktivitas selanjutnya. Dengan menjauhkan diri dari smartphone selepas bangun tidur, kamu akan terpacu untuk bangun, dan melakukan kegiatan setelahnya, seperti mandi, atau menyiapkan sarapan misalnya. Hal ini juga berlaku pada waktu sebelum tidur. Usahakan untuk tidak membuka smartphone-mu sebelum tidur, karena hal ini dapat  menjadi salah satu penyebab insomnia nantinya. Daripada update status “bobo dulu yah” atau “mau bobo nih”, lebih baik kamu melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat macam membaca buku, bikin susu, atau meditasi yang bisa menambah kualitas tidurmu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Beberapa Hal Yang Patut Kamu Coba Ketika Bertemu Dosen Killer

3.  Luangkan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi di luar, hidup bukan melulu di sosial media

Iya, bersosialisasi memang penting, dan merupakan satu dari sekian kebutuhan kita yang harus terpenuhi. Kebutuhan akan rasa-pengen-eksis juga pasti pernah kamu rasakan dalam hati, namun, cobalah untuk meredamnya dengan pergi keluar atau ngobrol dengan teman-teman di real life. Kamu bisa ngobrol cantik sambil ngopi di kafe deket kampus atau olahraga bareng biar body goals-mu tercapai. Banyak hal di dunia nyata yang bisa kamu lakukan tanpa adanya smartphonemu. Jadi jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya-mu gengs! 

4. Aktifkan mode “do not disturb” di smartphone-mu

Buat kamu mahasiswa super sibuk yang sering jadi buronan banyak orang, jika sudah waktunya istirahat, dan kamu kesulitan untuk “mengabaikan” smartphone-mu karena terlalu “ramai”-nya notification, kamu bisa dong aktifin mode do not disturb yang ada di smartphone kamu. Dengan bantuan mode ini, kamu tidak akan mendengar nada notifikasi yang membuatmu tergoda untuk membuka smartphone­-mu lagi dan lagi. Tidur nyenyak tanpa gangguan bisa kamu dapatkan nih.

5. Hapus semua aplikasi sosial media di smartphone

Kalau beberapa tips diatas masih belum mempan, cobalah untuk menghapus semua aplikasi sosial media yang ada di smartphone-mu. Kenapa? Sebagian besar orang kecanduan ingin membuka gadget-nya yang dalam hal ini smartphone karena adanya aplikasi yang menampilkan notifikasi. Kamu bisa mensiasatinya dengan “puasa” main sosmed selama yang kamu mau. Cobalah seminggu tidak bermain sosmed dan gunakan waktumu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti mengembangkan hobi bermusikmu, atau memperbaiki hubungan-mu dengan teman-teman yang jarang kamu lakukan karena keasikanmu bermain gadget.

6. Ngga usah simpen bokep atau gambar hot di smartphone-mu

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips PDKT Sama Dosen

Buat cowo-cowo, hapus itu semua, bertaubatlah sebelum ketauan. Hahaha. Daripada menghabiskan waktumu untuk nonton gituan dan nantinya bikin kamu kecanduan, instal aplikasi yang lebih bermanfaat macam aplikasi pocket Al-Qur’an atau pocket Bible atau aplikasi apapun yang lebih berfaedah. Kamu bisa terbebas dari kecanduan gadget, sekalian nambah pahala. Saik!

7. Gunakan gadget dengan fitur standar

Kamu bisa juga mencoba kembali ke masa lalu dan gunakan handphone dengan fitur alakadarnya. Jika handphonemu hanya bisa untuk menerima telepon dan sms, kamu tidak akan tergoda untuk tidur larut malam sambil cek profil sosmedmu tiap waktu kan? Ya kan ngga bisa, ngga ada fiturnya. Hehe.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget gengs! Sadar atau tidak sadar, kita memang hidup di era digital yang sejatinya, memberikan kita segala kemudahan. Tapi, jangan sampai kita terbelenggu dengan segala kemudahan yang ditawarkan ya gengs! 

Masih belum yakin kamu termasuk oranng yang kecanduan gadget atau tidak? Ngampus udah pernah bahas mengenai ciri-ciri orang yang kecanduan gadget disini. Kalau kamu udah cek dan ternyata kamu merasa salah satu gejalanya ada di kamu, kamu bisa praktekin beberapa tips diatas yaa! Selamat mencoba gengs!

(nwrdhni)

 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sudahkah Kalian Mempersiapkan Sebelum USM PKN STAN Datang?

Millennial, Pekerjaan ini Mungkin Cocok Untukmu