in

Tips Mengatur Budget Skincare untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa yang belum memiliki penghasilan atau sudah berpenghasilan namun harus mengalokasikan untuk banyak kebutuhan pasti merasa bingung bagaimana cara mengatur budget untuk membeli skincare. Di sisi lain, tiap perempuan dan juga laki-laki pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat karena perawatan di usia muda sangat berpengaruh pada kondisi kulit di masa mendatang saat usia bertambah. Anyway jangan khawatir peeps karena keterbatasan budget bukan berarti tidak bisa merawat kulit secara maksimal. Berikut ini delapan tips mengatur budget skincare untuk mahasiswa.

Share on Pinterest Share on FacebookShare on Twitter

1. Kenali Kebutuhan Kulit Sendiri

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum membeli skincare adalah jenis kulitmu dan kebutuhannya. Mengenali jenis kulit sendiri bisa membantumu untuk memilih skincare mana yang benar-benar kamu perlukan dan mana yang tidak. Kebutuhan skincare untuk orang berkulit kering tentu saja berbeda dengan orang yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi. Mengenali jenis kulit sangat membantumu untuk mengatur budget sekaligus berhemat karena kamu hanya perlu membeli skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu saja. Sayang kan kalau kamu harus mengeluarkan uang untuk skincare yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

2. Fokus Menggunakan Skincare Secara Rutin

Salah satu hal penting yang sering dilupakan dalam merawat kulit adalah ketelatenan. Jangan membeli skincare yang beraneka-ragam jenis dan fungsinya kalau kamu sendiri belum bisa berkomitmen untuk menggunakan skincare tersebut secara rutin. Tak perlu bernafsu untuk memiliki 10 steps skincare routine ala Korea. Fokuslah pada skincare yang benar-benar kamu butuhkan. Apabila hanya dengan menggunakan moisturizer saja sudah cukup membuat kulitmu lembab, maka kamu tidak perlu menggunakan lotion atau essence. Berlatih untuk rajin menggunakan skincare yang basic terlebih dahulu sebelum mencoba produk skincare lain yang memiliki beragam fungsi spesifik. Kalau kamu masih bingung skincare dasar apa saja yang harus digunakan, silakan cek artikel Skincare Wajib untuk Mahasiswa

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

3. Skincare Tidak Harus Mahal 

Jangan menganggap bahwa skincare itu mahal atau kualitas yang bagus hanyalah milik skincare yang harganya mahal. Again and again harga mahal bukanlah jaminan akan cocok untuk kulitmu. Banyak kok brand-brand lokal saat ini yang memiliki kualitas bagus tanpa bikin kantong bolong. Sering-seringlah mencari informasi terkait produk skincare yang bagus dengan budget yang sesuai. Memang produk yang mahal biasanya memberikan nilai lebih pada produknya, namun bukan berarti kamu harus membeli skincare yang mahal. Kalau kamu terpaksa harus membeli produk skincare dengan harga yang agak mahal, cobalah cek beberapa marketplace atau online shop terpercaya di Indonesia saat event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), lebaran, atau natal dan tahun baru karena biasanya mereka memberikan promo diskon lebih besar daripada hari biasa. Tapi ingat jangan sampai kalap ya peeps. Miris juga kan kalau kamu harus mengkonsumsi mie instan saja di akhir bulan karena uang habis untuk membeli skincare.

4. Rajin Browsing dan Baca Review Produk

Sebelum membeli sebuah produk biasakan untuk browsing mencari informasi terkait produk yang kamu inginkan. Banyak orang yang share pengalaman dan memberikan review tentang produk tersebut di internet. Research ini penting sekali supaya kamu bisa meminimalisir kemungkinan membeli produk yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Cari review produk yang berasal dari orang-orang yang memiliki kemiripan jenis kulit dengan kamu untuk memastikan apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk jenis kulit yang kamu miliki. Kamu juga bisa browsing untuk mengetahui apakah produk tersebut aman, bisa memberikan hasil sesuai klaimnya, dan worth it yang artinya kualitas yang dimiliki sesuai dengan harga yang ditawarkan.

5. Jangan Gegabah

Jadilah pribadi yang kuat iman maksudnya jangan mudah tergiur dengan iklan yang menawarkan hasil menakjubkan dalam waktu yang singkat. Jangan mudah tergiur juga dengan produk skincare yang teman kamu gunakan atau yang sedang booming karena sekali lagi cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kamu. Sayang kan kalau kamu sudah membeli skincare tersebut tetapi akhirnya terbengkalai atau dihibahkan ke orang lain karena tidak cocok. Lebih baik uang tadi digunakan untuk membeli skincare yang selama ini rutin kamu pakai dan terbukti cocok untuk kulitmu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswi, Mau Kulit Bebas Kusam? Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur
https://nutycosmetics.vn/san-pham/sample-green-tea-seed-serum-innisfree

6. Rajin Mengumpulkan Tester atau Travel Size

Setiap brand biasanya menyediakan tester untuk diberikan ke customer sebelum membeli. Kamu bisa meminta testernya terlebih dahulu untuk memastikan apakah produk skincare tersebut benar-benar cocok untuk kulitmu. Apabila kamu sudah mencoba testernya dan hasilnya cocok untuk kulitmu, kamu bisa membeli ukuran full size produk tersebut. Tester sangat berguna sekali karena kamu bisa mencoba banyak produk tanpa mengeluarkan banyak uang. Namun, tidak semua brand menyediakan tester yang lengkap. Apabila tester tidak tersedia, kamu bisa membeli produk tersebut khususnya seri travel Size. Produk travel size dikemas dalam jumlah yang lebih sedikit dari ukuran full size. Selain praktis dibawa saat bepergian, ukuran yang sedikit ini bisa membuatmu lebih hemat karena kamu tidak membuang banyak uang apabila produk tersebut tidak cocok untuk kulitmu.

7. Cari Rekan Seperjuangan untuk Patungan

Kalau kamu ingin membeli produk skincare yang harganya lumayan mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan cara patungan. Misalnya, kamu dan kakakmu ingin membeli sebuah produk yang sama, kalian berdua bisa patungan untuk membeli produk tersebut. Jadi, kalian tetap bisa mencoba produk tersebut dengan masing-masing membayar separuh harga. Apabila kamu sudah mencoba produk tersebut dan hasilnya memuaskan, kamu bisa menabung untuk membeli ukuran full size sendiri di kemudian hari. Kamu bisa mengajak saudara, teman, atau sahabat untuk patungan membeli produk skincare yang kalian inginkan. Kalian bisa membagi produk tersebut ke dua container yang berbeda namun pastikan bahwa produk tersebut tetap higienis.

https://www.beautyheaven.com.au/skin-care/anti-ageing/splurge-steal-anti-ageing-skin-care?page=2&utm_source=ActiveCampaign&utm_medium=email&utm_content=Kick-start%20your%20fitness%20in%202016%20%7C%20Nail%20your%20NYE%20beauty%20look%20%7C%20Your%20back-to-work%20desk%20essentials&utm_campaign=bh%20newsle

8. Lakukan Splurge and Steal

Tips terakhir ini juga tak kalah penting. Ada jenis produk skincare tertentu yang mayoritas produknya memiliki harga lebih tinggi dari jenis produk skincare yang lain. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memilah mana produk perawatan wajah yang butuh investasi lebih (Splurge) dan produk mana saja yang bisa dihemat (Steal). Beberapa produk yang bisa kamu steal adalah make up remover, facial wash, hydrating toner, moisturizer, dan sunscreen. Produk cleanser seperti make up remover dan facial wash adalah produk yang banyak tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau. Apabila cleanser dengan harga terjangkau ini kurang bisa membersihkan secara maksimal dengan satu kali pemakaian, kamu bisa mengulangi penggunaan cleanser 2-3 kali. Hydrating toner dan moisturizer memiliki fungsi yang mirip yaitu untuk melembabkan kulit. Perbedaannya hydrating toner digunakan sebelum moisturizer dan memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar pH kulit. Kedua produk ini memiliki beragam variasi dengan harga yang terjangkau di pasaran. Kamu bisa menggunakan moisturizer yang tidak mengandung SPF supaya bisa digunakan untuk siang dan malam hari. Sama nasibnya seperti sunscreen yang saat ini banyak produk lokal dengan harga terjangkau namun kualitasnya juga tidak mengecewakan. Apabila kulitmu bermasalah dan harus ditangani dengan produk skincare berupa serum itu artinya kamu harus Splurge. Harga serum memang lebih mahal karena serum mengandung bahan aktif yang lebih banyak daripada produk skincare lainnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MAHASISWA, SUDAHKAH JELAJAHI WISATA JOGJA BERIKUT INI?

Itulah tips yang bisa diaplikasikan para mahasiswa untuk mengatur budget skincare. Semoga bermanfaat. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Seminar Entrepreneur 2018 “The Next Jongpreneur”

Waspada! Ciri – ciri ini Menunjukkan Kamu Kecanduan Gadget