in

Tips Mengembalikan Semangat Kuliah Setelah Liburan

Libur lebaran yang dibarengi dengan libur semesteran rasanya panjang sekali bukan? Liburan panjang bisa memberimu banyak waktu untuk jalan-jalan, hangout dengan kawan lama, berkumpul bersama keluarga hingga sekadar beristirahat di rumah. Kini tiba saatnya kembali ke rutinitas semula yaitu kuliah. Liburan panjang memang bermanfaat untuk merelaksasikan pikiran hingga tuntas. Namun, terkadang liburan yang panjang ini bisa membuatmu tak bersemangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari kembali. Tak heran kalau di awal masuk kuliah terasa malas dan berat sekali akibat masih terbawa euforia liburan. Supaya kamu bisa kembali siap untuk menghadapi ‘kenyataan hidup’ alias kuliah, bisa dicoba beberapa tips-tips berikut ini.

1. Mengembalikan Niat Kuliah Yang Mulai Pudar

Minggu pertama masuk kuliah merupakan waktu beradaptasi untuk mengembalikan niat belajar di kampus. Kamu pasti merasa kuliah lebih tidak menyenangkan daripada liburan bukan? Agar kamu bisa kembali bersemangat, coba pikirkanlah hal-hal menyenangkan yang dapat kamu temukan di kampus. Kamu bisa mulai menyegarkan kembali niatmu dengan memikirkan hal-hal menyenangkan tersebut, seperti bermain dan mengobrol kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu. Ketika kamu memikirkan hal-hal menyenangkan tersebut, maka akan semakin mudah untuk mengembalikan niat belajar. Mengembalikan niat belajar akan membantumu dalam meningkatkan semangat untuk kuliah.

2. Membuat Jadwal Hari Pertama

Memasuki semester baru kuliah, kamu akan dihadapkan dengan kondisi jadwal yang berbeda dengan sebelumnya. Minggu pertama masuk kuliah dapat kamu manfaatkan dengan membuat jadwal kegiatan sendiri.  Buatlah jadwal kegiatan yang akan dilakukan mulai dari hari pertama hingga beberapa hari ke depan. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan kegiatan tersebut dan secara tidak sengaja semangat belajarmu bisa kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka kamu bisa memiliki tujuan belajar yang jelas dan hal itulah yang bisa membuat kamu kuliah lebih bersemangat.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Membuat Powerpointmu Dilirik Dosen

3. Mulai Kembali Belajar Secara Perlahan

Setelah liburan pasti masih terasa berat untuk kembali memulai rutinitas kuliah apalagi belajar. Tenang saja karena hal ini adalah hal yang normal. Yang penting adalah memulai belajar dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyerap semua informasi pelajaran yang diberikan karena mood dan pikiran kamu  belum sepenuhnya fokus pada pelajaran. Lebih baik mulai sedikit demi sedikit dan perlahan tapi pasti.

4. Fokus

Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus pada kuliah. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah usai dan kamu harus mengembalikan mood agar bisa semangat kembali untuk belajar dan kuliah.

5. Jangan Terbawa Arus Negatif

Liburan panjang kerap membuat orang menjadi malas. Mungkin teman-teman kuliah masih ingin bermalas-malasan. Maka dari itu, jangan biarkan mereka mempengaruhi mood dan pikiran kamu. Kamu sendiri yang harus bisa mempengaruhi teman-teman untuk dapat kembali semangat kuliah. Pertahankan semangatmu dan jangan terbawa dengan kemalasan teman-teman yang lain.

6. Minta Bantuan

Mungkin kamu masih kesulitan untuk fokus belajar dan kuliah pada minggu-minggu awal, jadi kamu merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikan hal-hal yang berhubungan dengan kuliah. Apabila hal ini terjadi pada kamu, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada teman kuliahmu. Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa kamu tidak mampu, tapi jiwa dan raga kamu belum siap untuk melakukan banyak hal sekarang. Jadi, mintalah bantuan jika diperlukan.

7. Buat Strategi dan Motivasi

Kamu wajib menyiapkan strategi belajar yang baik, terutama terkait target untuk menaikkan nilai IPK. Dengan cara itu, kamu akan lebih termotivasi untuk terus melakukan yang terbaik, dan lebih bersemangat untuk kuliah. Bingung bagaimana cara meningkatkan nilai IPK? Ini caranya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Keuntungan Gap Year Alias Jeda Setahun Sebelum Kuliah

Liburan memang diperlukan untuk refresh pikiran. Namun saat liburan telah usai, maka harus siap kembali bergelut dengan rutinitas sehari-hari. Semoga tips-tips tadi bisa membantumu untuk siap menghadapi semester baru dengan tantangan yang baru. Work hard and play hard, peeps. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Julukan Mahasiswa Berdasarkan Kegiatannya, Kamu yang Mana?

Hobi Travelling? Kuliah Saja Di Jurusan Ini