in

Tips PDKT Sama Dosen

Hai gengs! Siapa sih yang ngga pengen deket sama dosen di kampus? Ibarat di rumah, dosen adalah orangtua kedua kita di kampus. Kalau kamu mungkin kikuk atau canggung atau ngga pede buat bertegur sapa sama dosen, nanti ngampus mau bahas beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendekatkan diri pada dosen gengs! Tapi nanti… Sebenernya, tidak perlu ada perasaan takut, malu, atau canggung karena sejatinya dosen juga manusia yaa. Tetapi, tetap saja, kita harus tetap berada di koridor yang benar yaa. Harus tetap menjaga etika dan kesopanan dalam bergaul, dengan siapapun, apalagi dengan dosen.

Nah, buat kalian yang mau coba untuk lebih mengakrabkan diri dengan dosen kalian di kampus, berikut beberapa tips pdkt ala ngampus yang bisa kalian coba praktekkan. Oh iya, dekat disini maksudnya bukan tebar-tebar sinyal kuat ya gengs! Hahaha. Lebih ke bagaimana caranya biar kamu bisa dikenal dosen dan menjalin komunikasi yang baik dengan dosen. Okay, lanjuuut…

Tips no 1: Duduk di barisan paling depan

Terdengar cliche tapi berpengaruh loh. Haha. Dengan kamu duduk di barisan paling depan, kamu akan lebih “terlihat”, dibandingkan jika kamu duduk di barisan belakang. Ya paling ngga, buat dosen familiar dulu lah dengan wajahmu. Jadi goals-nya adalah yang penting dosen familiar dulu lah sama wajahmu. Nah kalau dosen sudah mulai familiar dengan wajahmu, hal ini sudah cukup menguntungkan loh! Oh iya gengs, perlu diingat, proses pdkt atau pendekatan dengan dosen ngga bisa langsung kamu dapatkan hasilnya di satu-dua kali pertemuan nih gengs, jadi, kalau kamu emang pengen bisa deket sama dosen, cobalah untuk selalu duduk di depan pas mata kuliah dosen tersebut. Ya walaupun mungkin kamu belum deket sekarang, paling ngga, wajahmu familiar dulu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Kenapa IPK Turun? Berikut Alasannya, dan Kiat-Kiat Meningkatkan IPK

Tips no 2: Anggukkan kepalamu

Kalau duduk di depan udah, hal kedua yang perlu kamu coba dalam upaya mendekatkan diri pada dosen adalah, dengan meng-angguk-an kepalamu pada setiap materi yang beliau berikan. Jadi misalnya gini, kalau dosen sedang menjelaskan materi, sebisa mungkin kamu ngerti apa yang sedang dibahas dan dibicarakan. Kalaupun kamu ngga ngerti materi itu, kamu pura-puralah ngerti apa yang beliau sampaikan dengan meng-angguk-an kepala mu sambil pura-pura “ooh iya iya…”. Haha. Dengan cara ini, kamu akan dianggap “mudengan”atau “ngertinan” atau dianggap cepat menangkap materi. Tips nomer 2 ini berguna untuk kamu yang butuh waktu ekstra buat mikir. Udah tinggal angguk-angguk aja dulu, nanti belajar lagi di kos. Hahaha. Okay next!

Tips no 3: Selalu senyum saat bertemu

Dosen atau siapapun pasti akan lebih cepat mengingatmu kalau kamu bersikap sopan dan murah senyum. Tidak perlu berlebihan, cukup senyum dan sapa dosen ketika bertemu juga akan menambah nilai kepribadianmu di mata dosen nih gengs! Jangan malu untuk menyapa duluan, at least kalau kamu bertemu senyum yang ikhlas juga pasti dosen akan lebih mudah mengingatmu. Kamu yang masih sering diem aja kalau ketemu dosen, gimana mau deket, nyapa aja jarang. Naah mulai besok coba tips ini ya gengs! 

Tips no 4: Bertanya dan menjawab ketika dosen memberi kesempatan

Nah ada masanya dimana dosen selesai menjelaskan materi dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya. Nah! Ini kesempatan bagus nih gengs! Supaya dosen lebih mengenalmu, ajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah disampaikan. Dan jika dosen memberikan pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan, sebisa mungkin kamu menjawabnya dengan benar. Nah sebelum sampai kesitu, kumpulkan keberanianmu untuk mengangkat tangan dan berpartisipasi dalam diskusi ya gengs! Kamu yang masih malu-malu atau ragu-ragu untuk terlibat diskusi dengan dosen, cobalah untuk membaca dulu materi yang akan disampaikan semalam sebelumnya, supaya kamu pede dan bisa ikut dalam diskusi. Kalau kamu bisa memberikan argumentasi yang baik, poin plus nih! Ada kemungkinan kamu akan diingat dosen.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Yuk, Jadi Mahasiswa Seimbang!

Tips no 5: all out pas presentasi

Mungkin sebagian dari kalian akan menganggap presentasi di mata kuliah itu semacam “ah yang penting maju”, jika kamu masih berpendapat demikian, coba deh ubah cara berpikirmu. Ya kalau kamu pengen dikenal atau deket sama dosen, cobalah untuk memberikan penampilan yang terbaik pada saat presentasi. Kalau kamu biasa-biasa saja bagaimana dosen bisa cepat menghapal namamu?

Tips no 6: berkonsultasi dengan dosen

Ada tipe dosen yang senang diajak diskusi dan dimintai pendapat. Kamu bisa nih coba pdkt dengan cara tersebut. Jadi kamu coba untuk minta saran atau pendapat dosenmu mengenai suatu hal, atau tentang perkuliahan, atau tentang mata kuliah, apapun. Ajaklah dosen  untuk berdiskusi. Asalkan kamu meminta tolong dengan sopan, tidak ada dosen yang benci kalau diajak konsultasi sama mahasiswanya kok! Tapi ingat gengs! Kamu harus tau waktu, kamu juga harus perhatikan situasinya. Jangan sampai meminta pendapat pada dosen yang sedang sibuk akreditasi, atau terlihat sedang terburu-buru. Bisa-bisa kena sembur lagi. Haha. Kamu harus tahu kapan dosen memiliki waktu luang dan kapan dosen sedang tidak mau diganggu karena sedang sibuk. Lebih baiknya, buatlah janji terlebih dahulu, supaya kamu tau. Okay?

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk pdkt sama dosenmu gengs! Yang perlu diingat adalah, lakukan hal kecil sesering mungkin akan lebih baik daripada melakukans satu hal besar di hanya satu waktu. Maksudnya gini, kalau kamu pengen deket sama dosen, cobalah untuk melakukan tips diatas sesering mungkin, mulai dari hal kecil macam senyum sapa tiap papasan atau duduk di row paling depan dulu lah at least akan lebih baik ketimbang kamu membelikan dosenmu makanan atau benda-benda kesukaannya. Ya bisa juga sih, kalau dosenmu suka, nah kalau dosennya ngga suka? Salah-salah kamu dikira gratifikasi lagi. Duuh… Anyway, selamat mencoba ya gengs! (nwrdhni)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Pastikan Kamu Sudah Memiliki Keahlian Ini

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Cita-cita yang Dulu Pernah Kamu Idamkan

Laptopmu Sering Mati Sendiri? Lakukan Cara ini