in

Tips Sukses Ujian Semester Meskipun Sistem Kebut Semalam (SKS)

Sobat ngampus, pernah ngga sih kalian melakukan sistem kebut semalam alias SKS? Sistem kebut semalam merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah sistem belajar yang super cepat yang biasanya dilakukan sehari sebelum ujian tiba. Mahasiswa yang mempraktekkan sistem belajar ini akan rela kurang tidur atau bahkan tidak tidur demi mempelajari materi ujian. Ada sebagian mahasiswa yang menganggap sistem ini merupakan cara belajar yang efektif. Tapi ada juga yang menganggap kebalikannya. Walaupun banyak yang bilang kalau itu tidak efektif dan tidak sehat karena begadang, sebagian besar mahasiswa malah justru lebih suka metode ini lho! Banyak yang menganggap tidak tidur untuk merangkum, membaca dan mempelajari materi yang akan diujikan keesokan harinya bisa menambah daya ingat kamu karena dianggap masih “fresh” jika dipelajari malam harinya.

Tapi benarkah SKS ini bisa membuatmu sukses dalam ujian? Who knows… tapi buat kamu yang hobi SKS, agar begadangmu tidak sia-sia dan efektif, berikut tips mengenai sukses ujian meskipun SKS, check it out…

1. Jangan lupa tidur siang 

Jika kamu bertekad untuk melakukan SKS atau sistem kebut semalam, hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana caranya mengatasi rasa kantuk. Nah, untuk mensiasatinya, kamu bisa tidur siang dulu biar malemnya kalian udah fresh dan siap untuk belajar semalaman.

2. Makan dulu dong

Ibarat motor, kita perlu bahan bakar untuk bekerja ya gengs! Membiarkan dirimu kelaparan saat belajar akan mengganggu konsentrasimu dalam mempelajari materi yang segudang itu. Jadi, sebelum mulai belajar, ada baiknya kalau kamu makan dulu. Tapi ingat yaa, jangan terlalu banyak, salah-salah malah ngantuk, batal deh belajarnya. Yaah…

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Hal - Hal Penting yang Perlu Mahasiswa Siapkan sebelum Mudik

3. Jangan lupa siapin kopi

Demi konsentrasi yang sangat kamu butuhkan untuk mempelajari materi satu semester dalam semalam, secangkir kopi mungkin bisa membantu. Kandungan kafein yang ada pada kopi sudah terbukti dapat menghambat zat kimia penyebab kantuk dan bisa meningkatkan adrenalin. Namun, yang perlu diingat  adalah, jangan mengonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir (200 miligram kadar kafein) per-hari yaa gengs! Karena hal itu akan mengganggu kesehatanmu. Kalau kamu tidak bisa ngopi karena mungkin kamu punya riwayat sakit maag, kamu mungkin bisa menggantinya dengan teh. Selain kopi, siapkan camilan juga yaa!

4. Siapkan buku-buku yang akan dipelajari

Mahasiswa yang baik tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan untuk SKS ini. Semua refernsi dikumpulkan, dan pilih bagian mana yang akan kamu pelajari, tandai. Kalau bisa siapkan buku-buku referensi ini jauh-jauh hari sebelumnya yaa!

5. Pelajari dari yang tersulit

Mumpung pikiranmu masih segar dan konsentrasi masih On, pelajari bagian tersulit dari materi yang akan diujikan esok hari. Dengan begini, jika tiba-tiba rasa ngantuk tak tertahankan, kamu tinggal menyelesaikan yang mudah.

6. Rangkum materi dengan bahasa yang mudah untuk kamu pahami

Kamu bisa mulai dengan menandai bagian yang penting dalam materi menggunakan highlighter berwarna cerah macam kuning atau orange. Tau ngga kenapa? Ada yang beranggapan bahwa warna-warna cerah memang terbukti bisa menstimulasi ingatan dan memori lho! Setelah ditandai, kamu bisa nih membuat rangkuman dengan bahasa-mu sendiri. Dengan menuliskan hal-hal penting bisa menjadi cara ampuh untuk sekedar membaca dan mengingat saja. Jika kamu menganggap menyalin ulang hanya membuang waktu, kamu bisa membaca dan menciptakan jembatan keledai yang akan mempermudahmu dalam proses mengingat materi yang masuk di kepala.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa

7. Gunakan Jembatan Keledai

Teruntuk kamu yang hobi utak atik kata, bisa nih kamu buat Jembatan keledai atau singkatan lucu yang bisa membuatmu mudah teringat. Caranya adalah dengan mengambil setiap dua kata dan menjadikannya menjadi kata lucu yang kalimatnya gampang diingat bisa membantumu untuk menghapal rumus lain atau materi lain yang memang agak sulit untuk diingat.

8. Istirahat sejenak 

Mungkin kamu akan merasakan ngantuk yang teramat ngantuk, jika sudah begini, hal yang bisa kalian lakukan adalah istirahat kan sejenak. Percuma jika kalian tetep kekeh dengan pendirian untuk belajar, materi yang terserap jadi kurang maksimal. Dengan beristirahat sebentar, kalian pasti akan merasa lebih fresh dan lebih siap untuk memulai lagi.

Itu tadi 8 tips yang bisa kamu pahami sebelum mempraktekkan sistem SKS. Inget, kalo kata bang Rhoma, begadang jangan begadang, kalau tiada artinya, tapi kalau begadang karena belajar? Boleh kali yaa Bang Rhoma? ehehe…

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mahasiswa, ini Pengaruh Begadang Untuk Kesehatanmu

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Maba Perantauan