in

Waspada! Ciri – ciri ini Menunjukkan Kamu Kecanduan Gadget

Gengs, masih inget ngga sama potongan lagu ini? “Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi ku tolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Lagu masa kecil yang mungkin masih teringat jelas di kepala yaa. Kira-kira sama ngga nih sama kebiasaanmu sekarang? Kalo sekarang mah kalian pasti bangun tidur ku terus cek hape, habis mandi cek hape lagi, habis itu cek hape terus, gitu terus sampe lupa waktu.  Ya ngga? Ngakuuu…

Pernah ngga sih gengs seharian kamu ngga cek hape sama sekali tanpa merasa ada yang kurang? Kalau pernah, selamat! berarti kalian masih belum termasuk golongan orang yang kecanduan smartphone. Tapi kalau kalian merasa tiada hari tanpa smartphone, atau smartphone, ku tak bisa bisa hidup tanpamu. Wah… hati-hati nih gengs, jangan-jangan kalian udah kecanduan gadget atau smartphone. Apa sih ciri-ciri orang yang kecanduan gadget? Nanti ngampus akan bahas beberapa ciri orang yang sudah kecanduan gadget. Tapi sebelumnya, tau ngga sih, sebenarnya, di dalam ilmu psikologi, kecanduan hp atau smartphone ini ada istilahnya. Dalam ilmu psikologi, kecanduan gadget atau smartphone disebut sebagai Nomophobia yang berasal dari “No mobile Phobia” atau rasa takut yang tidak wajar pada seseorang disaat ia tidak memegang atau menggunakan gadget yang ia punya. Gadget yang dimaksud disini ya HP atau smartphone yaa tentunya gengs.

Nah berikut beberapa ciri orang yang terkena nomophobia atau orang-orang yang sudah kecanduan gadget. Coba deh cek, jangan – jangan kamu punya salah satunya lagi. Scroll down yaa…

1. Muncul perasaan tidak nyaman dalam diri ketika kamu tidak memegang atau sekedar mengecek gadget-mu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Berniat Puasa Gadget? Cek Manfaatnya Disini

Ciri nomophobia yang pertama adalah adanya rasa tidak nyaman yang timbul jika tidak mengecek atau memainkan gadget dalam kurun waktu yang singkat. Katakanlah seperti saat bangun tidur, hal pertama yang biasanya kamu lakukan setelah mematikan alarm yang ada di handphonemu adalah apa lagi kalau bukan cek pesan yang masuk, atau sekedar cek notif sosial mediamu yang banyak jumlahnya. Atau ketika aktivitas kampus yang padat memaksamu untuk tidak “megang” HP seharian, dan masih banyak lagi. Jika hal-hal diatas membuatmu merasa tidak nyaman, jangan dulu menganggap dirimu terkena nomophobia, coba cek ciri yang ke dua.

2.  Banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget, atau frekuensi bermain gadget yang terlalu sering dalam sehari.

Entah itu buat update status, main game, cek timeline sosial media, window shopping di aplikasi belanja,atau sekedar scroll down – scroll up yang penting kamu menggunakan gadget-mu. Perasaan “pengen-cek-sosmed-terus” yang tak tertahankan muncul jika sehari saja kamu tidak cek akun sosmedmu. Kalau kamu merasa melakukannya, hmmm… jangan-jangan kamu udah kecanduan gadget nih gengs.

3. Kamu lebih suka mengobrol atau berinteraksi dengan media gadget, daripada harus berkomunikasi secara langsung.

Pernah ngga sih merasa kalau grup di WhatsApp lebih “ramai” daripada pas ngobrol langsung? Nah, itu bisa jadi salah satu indikator. Kalau kamu merasa lebih nyaman ketika berinteraksi di sosial media dan lebih banyak ngobrol lewat sosial media daripada waktu ketemu, mungkin kamu sudah mulai menuju ke arah kecanduan gadget. Even waktu ketemu pun, kamu dan teman-teman malah lebih memilih asik dengan gadget daripada ngobrol.  Hmmm… 

4. Kamu dan gadget bak perangko dan kartu pos yang tak terpisahkan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bingung Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi? Ini Tipsnya

Adanya perasaan sulit, enggan, keberatan meninggalkan atau melepas gadget dari genggaman bisa jadi indikator lainnya nih gengs! Ke kelas bawa hp, jalan sambil balesin pesan di hp, makan ditemenin hp, ke kamar mandi bawa hp (yang entah apa fungsinya), mau tidur cek hp, bangun tidur apalagi. Pernah melakukan salah satu hal diatas?

5. Merasa jadi “aneh” jika dipaksa untuk tidak menggunakan gadget dalam waktu singkat 

Jika dipaksa untuk tidak main gadget dalam kurun waktu yang cukup singkat, 1 jam atau seharian misalnya, kamu merasa cemas, gelisah, panik, mati gaya, gemetar, bingung, berkeringat, sampai menggerakan badan tanpa kamu sadari, wah… positif nih kena nomophobia. 

6. Insomnia

Keasikan main gadget membuatmu lupa waktu istirahat. Malam hari yang seharusnya bisa dipakai untuk istirahat malah asik kamu habiskan untuk bermain gadget. Akibatnya jam tidurmu kelewat sampai akhirnya menyebabkan insomnia alias susah tidur. Menurut penelitian, terlalu asik bermain gadget merupakan salah satu penyebab terbesar insomnia selain faktor pikiran dan konsumsi kafein berlebih lho gengs! Kamu yang sering insomnia, coba cek lagi kebiasaanmu menggunakan gadget yaa! 

7. Jadi Terobsesi

Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak, tapi bisa juga terjadi padamu nih gengs! Kamu akan merasa marah, sedih, atau frustrasi jika dipinjami gadget atau, gadget milikmu dipinjam teman dalam kurun waktu yang singkat.

Gimana, merasakan gejala diatas? Mungkin kamu belum merasakan kerugian yang timbul akibat kecanduan ini ya gengs, tapi, tau ngga, berdasarkan hasil penelitian dari Surgical Technology International, dengan menunduk melihat ke arah gadget dalam jangka waktu lama akan memberikan beban kepada tulang belakang setara 27 kg lho! Belum lagi jika kamu main gadget dalam kondisi gelap, minus di matamu bisa bertambah. Nah lhoo… 

(nwrdhni)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  List Situs yang Berguna Untuk Skripsimu

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Mengatur Budget Skincare untuk Mahasiswa

Kebiasaan Merugi Sang Maba