in

Yuk, Jadi Mahasiswa Seimbang!

Menjadi Mahasiswa Yang Seimbang

Halo apa kabar kalian, para mahasiswa baru? Apa? Kalian masih asyik dengan gadget ? Ini bukan waktu yang tepat untuk berleha – leha, bersantai ria tak mau peduli apa yang terjadi. Yang kalian lakukan hanya bergelut di dunia maya saja. Yuk! Sudah saatnya ni kalian bangkit dari kamar letakkan ponsel kalian. Fikirkanlah kalau kalian itu bukan lagi anak SMA. Inilah babak baru kalian dalam meraih cita.

Akhirnya kalian sadar juga, kalau hal yang sering kalian lakukan itu dapat merugikan sebagai mahasiswa lho. Nah, di sinilah kita harus belajar untuk menambah ciri dalam diri kita. Kita harus keluar dari zona nyaman yang kita tekuni. Ingat lah orang tua kalian. Buang jauh – jauh fikiran kalian menjadi mahasiswa kupu – kupu, alias kuliah pulang kuliah pulang. Sekarang saatnya kalian menjadi mahasiswa yang sebenarnya yaitu mahasiswa seimbang.

https://unnes.ac.id/berita/pendaftar-sbmptn-unnes-capai-48-595-orang/
https://unnes.ac.id/berita/pendaftar-sbmptn-unnes-capai-48-595-orang/

Haduh… Lupa (pegang jidat). Saya belum cerita mengenai mahasiswa seimbang itu sendiri. So, mahasiswa seimbang adalah mahasiswa yang mampu untuk memaksimalkan diri di setiap aspek kehidupannya dengan porsi yang sesuai bagi masing-masing aspek. Baik itu di dalam studinya, organisasi, kerohanian, social life, keluarga, atau bahkan love life-nya (kalau punya ya, gengs).

“Wah berarti gue harus super perfekt dong buat jadi mahasiswa seimbang?”.

NO, IT’S A VERY BIG NO, GUYS!

Mahasiswa seimbang itu bukan berarti kita harus menjadi seseorang yang sempurna kok. Karena arti yang sebenarnya menjadi mahasiswa seimbang itu berarti kita harus mampu me-manage diri dengan baik sehingga kita dapat memberikan porsi-porsi yang sesuai di setiap aspek kehidupan kita. Nah, berikut ada sedikit tips yang yang dapat kami berikan untuk memulai menjadi mahasiswa seimbang.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Waspada! Ini Bedanya Teman Tulus Dengan Teman ‘Tisu’

#1 Create the Mindset

http://muhamadsaefudin.blogspot.com/2015/12/logika-versus-imajinasi.html
http://muhamadsaefudin.blogspot.com/2015/12/logika-versus-imajinasi.html

Yups tepat guys, kita harus mengubah pola pikir kita yang sudah kuno. Dimulai dari hal yang paling sederhana aja dehh… Hakikatnya kita akan bekerja sesuai dengan pola pikir kita.

First step, kita harus punya kesadaran diri yang tinggi bahwa setiap hal yang ada di kehidupan kita itu sama pentingnya. Memang, prioritas itu perlu, tapi nggak ada salahnya kan untuk bisa menjalankan semuanya dengan seimbang? Jangan sampai nih, karena kita terlalu asyik dengan kegiatan kita jadi lupa untuk belajar dan bertanggung jawab dengan kuliah. Atau jangan sampai juga kita terlalu ambisius dalam belajar sampai lupa untuk membangun interaction social yang membangun, interaksi sosial itu penting, manusiakan nggak bisa hidup sendiri kan? Atau jangan sampai kita lupa untuk berhubungan baik dengan keluarga kita hanya karna kita sibuk di perkuliahan. Kalau yang terakhir sih terutama buat para anak yang perantauan, ya.

#2 Self – Control

http://esapuspita.com/tali-kekang/
http://esapuspita.com/tali-kekang/

Control diri kalian agar bisa hidup disiplin. Kita mulai dari yang paling sederhana aja deh… Tulis kegiatan yang akan kamu lakukan untuk hari esok di buku agenda terjadwal buat mempermudah aktivitas kamu.

Pengendalian diri itu penting, guys. Kalian buat schedule dan to-do-list dengan sedemikian rupa. Sayangnya, nggak banyak yang jago untuk menjalankan jadwal yang sudah mereka jalankan sedemikian rupa. Nggak jarang jadwal yang mereka buat pasti ada yang lolos untuk tidak di kerjakan hehehe… Kalian juga harus belajar mengambil keputusan serta mengambil tindakan yang efektif agar mendapat hasil yang diinginkan. Intinya sih, kembali lagi ke disiplin diri.

#3 Bye Comfort zone

https://www.hocu.ba/index.php/hocu.info/vasa-karijera-stagnira-ako-ne-izadjete-iz-svoje-zone-komfora-necete-nauciti-nista/
https://www.hocu.ba/index.php/hocu.info/vasa-karijera-stagnira-ako-ne-izadjete-iz-svoje-zone-komfora-necete-nauciti-nista/

Ayo keluar dari zona nyaman kamu!

Keluar dari zona yang sedang kamu tekuni, ‘zona nyaman’ adalah satu dari keputusan terbaik yang harus kita ambil sebelum kita kembali ke Yang Kuasa (ngeri juga). It isseriously, kita harus mendorong diri dan mengambil cukup banyak keberanian kita untuk tidak melakukan hal-hal yang monoton. Menantang diri dengan mencoba hal-hal baru akan membuat kita lebih berkembang serta melatih diri untuk menjadi seimbang.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Surabaya

Hal baru lainnya bisa juga dengan belajar bersama dengan teman lainya. Atau melakukan kegiatan keorganisasian lain di kampus. Jangan lupa menghubugi orang tua itu penting lho. Sebab, kita bisa curhat dan dapat banyak masukan dari orang-orang terdekat kita sekaligus membangun supporting system yang aman bagi aktifitas-aktifitas kita yang lainnya. Do’a orang tua itu sungguh mustajab.

#4 Imperfection is Perfect

https://www.dictio.id/t/kegiatan-apa-saja-yang-ada-di-menara-pisa/30533
https://www.dictio.id/t/kegiatan-apa-saja-yang-ada-di-menara-pisa/30533

Lihat aja menara Pisa; dia miring, nggak sempurna, tapi justru itu yang membuat dia menarik.

Mahasiswa seimbang itu bukan berarti mahasiswa yang serba mampu, ya! Ingat, kesempurnaan hanya milik Tuhan . Kita nggak harus kok punya IPK 4, lalu ikut 5 organisasi dan berbagai kepanitian, lalu menang lomba sana sini secara bersamaan. Nggak, menjadi jadi mahasiswa seimbang nggak segila itu kok. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membagi dan bekerja secara maksimal di setiap aspek kehidupan yang kita jalanin.

IPK nggak perlu muluk – muluk , tapi jangan juga terlalu jelek. Kalau mau aman, ambil saja nilai IPK yang rata-rata digunakan oleh para pemberi beasiswa, yaitu sekitar 3 ke atas. Tidak perlu juga tergabung di begitu banyak organisasi dan kepanitiaan yang dapat membebani kalian. Pilihlah dengan bijak yang mana sekiranya sesuai dengan minat dan bakat kita serta yang mampu menunjang kita di masa yang akan datang. Intinya, choose one that you think is simple. Serta tidak memberatkan kamu.

Tidak perlu juga jadi anak nongkrong yang tiap minggu hangout  ala-ala biar tetap hits, setiap hari makannya makanan hits yang harganya tidak sesuai dengan kantong. Agar orang bilang kalau kita ini nggak dikatain kurang up to date yang penting adalah membentuk social environment  yang  bisa membangun kita menjadi lebih baik.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Bandung

#5 Just Do It!

http://alliswall.com/motivation/just_do_it
http://alliswall.com/motivation/just_do_it

Ini wajib banget kudu harus ya. L A K U K A N !

Well, yeah, just do it! Kalau bukan sekarang kapan lagi! Nunggu di jemput Sang Kuasa? Jangan terlalu lama berpikir. Justru setiap aksi yang kita lakukanlah yang akan membuat kita semakin belajar hingga akhirnya berhasil menjadi mahasiswa yang seimbang. Malahan, kalau terlalu lama berpikir yang datang adalah keraguan. Tentunya kita nggak mau dong untuk terus stay jadi mahasiswa yang begitu-begitu saja? Ayo lakukan sekarang. Kalian pasti bisa, sip!

I think so, itu tadi tips-tips untuk jadi mahasiswa seimbang. Pasti udah mulai on fire dong semangatnya untuk memulai ini dan itu demi jadi mahasiswa seimbang? Moreover, jangan lupakan juga aspek kerohanian kita, karena itu akan menjaga kita tetap sehat secara spiritual dalam menjalani hari-hari kita sebagai mahasiswa seimbang. Masih ingat dengan Albert Einstein, seorang ilmuwan Yahudi pernah mengatakan “ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh” Ada dua entry point disini pertama tentang pentingnya agama untuk melambari ilmu pengetahuan dan yang kedua perlunya ilmu dalam pengamalan agama Jadi, jangan ditunda-tunda lagi, ya! Ingat, serunya jadi mahasiswa itu tidak terulang dua kali!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Lomba Debat Ekonomi UKDC

Tips Membuat Powerpointmu Dilirik Dosen